Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Pariwisata (KAI Wisata) menyediakan fasilitas mandi dan penyimpanan barang Shower & Locker yang bisa didapatkan mulai harga Rp50.000 di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

“Saat ini, KAI Wisata mengoperasikan Shower & Locker di dua tempat, yakni di Stasiun Gambir Jakarta dan Slasar Malioboro Yogyakarta,” kata Direktur Utama KAI Wisata Hendy Helmy saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Minggu.

Terletak di lantai 1 Stasiun Gambir Pintu Selatan (dekat fasilitas Rail Transit Suite Gambir), Shower & Locker dapat digunakan oleh semua pengunjung, baik penumpang kereta di Stasiun Gambir maupun orang-orang yang memerlukan fasilitas mandi dan penyimpanan barang di dekat Stasiun Gambir (penjemput penumpang kereta, orang yang selesai pulang kerja, dan lainnya).

Fasilitas berbayar Shower & Locker dapat dinikmati oleh pengunjung dengan kisaran harga Rp50.000-Rp70.000 untuk mandi, sedangkan untuk loker atau penyimpanan barang berada pada kisaran harga Rp10.000-Rp140.000. Kisaran harga tersebut bergantung kepada pilihan durasi serta besaran loker penyimpanan yang ingin disewa pengunjung.

Untuk shower atau mandi, pengunjung akan mendapat sejumlah keuntungan, antara lain gratis perlengkapan mandi berupa handuk, sabun, dan sampo, WiFi, dan AC.

Saat pengunjung mandi, barang-barang bawaan dapat disimpan di loker penyimpanan berbayar dengan ukuran variatif, mulai dari ukuran M hingga XL sesuai kebutuhan pengunjung.

Sejumlah fasilitas dalam Shower & Locker di Stasiun Gambir, Jakarta, Minggu (14/4/2024). ANTARA/Vinny Shoffa Salma/am.
Fasilitas itu dapat disewa dengan pembayaran nontunai seperti kartu elektronik, dompet digital dan QRIS.

Hendy mencatat selama musim mudik Lebaran, penggunaan fasilitas mandi naik, bisa mencapai tiga sampai lima orang per hari. Sementara untuk fasilitas loker, penggunaanya cenderung stabil, sekitar 15-20 loker per hari.

Sebagai antisipasi lonjakan pengunjung Shower & Locker dan untuk meningkatkan layanan, KAI Wisata telah menambah jumlah bilik mandi menjadi 10 bilik pada November 2023.

Sejumlah fasilitas dalam Shower & Locker di Stasiun Gambir, Jakarta, Minggu (14/4/2024). ANTARA/Vinny Shoffa Salma/am.
  KAI Wisata berencana menambah fasilitas Shower & Locker di sejumlah titik di Pulau Jawa, antara lain di Stasiun Pasar Senen Jakarta dan Stasiun Surabaya Gubeng.

“Kami pun saat ini sedang melakukan pembangunan di Stasiun Pasar Senen Jakarta dan di Stasiun Surabaya Gubeng,” kata Hendy.

Baca juga: Hari ini 11 KA dari Stasiun Gambir akan singgah di Stasiun Jatinegara

Baca juga: Kemenparekraf-KAI-Astindo hadirkan paket wisata Lebaran 2024

Baca juga: H+3 Lebaran, penumpang melalui Bandara Soetta capai 173.846 orang

Baca juga: KCIC Halim perkirakan puncak arus balik pada H+3 Lebaran 2024


Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024