Cirebon (ANTARA) -
Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon, Jawa Barat, memperkirakan sebanyak 261.420 kendaraan dari Jawa akan kembali ke arah Jakarta dengan melintasi ruas jalur arteri pada H+5 Lebaran atau Senin (15/5).
 
“Jadi masih ada sekitar 45 persen pemudik arus balik yang belum kembali ke Jakarta. Kami perkirakan mereka mulai berangkat hari ini dan melaju di jalur arteri,” kata Kabid Keselamatan dan Teknik Sarana Dishub Kota Cirebon Asep Sudrajat di Cirebon, Senin.
 
Selama arus mudik Lebaran, kata dia, kendaraan roda dua maupun roda empat yang bergerak di ruas arteri Kota Cirebon jumlahnya mencapai 581.483 kendaraan.
 
Ia menyebut dari jumlah itu sekitar 55 persen atau sebanyak 320.063 kendaraan, sudah kembali ke Jakarta hingga puncak arus balik yang jatuh pada Ahad (14/4).

Baca juga: Dishub catat 111.576 kendaraan sudah kembali ke Jakarta di H+4 Lebaran

Baca juga: KAI beri apresiasi komunitas relawan dukung angkutan Lebaran 2024
 
Dengan demikian, Asep menyampaikan secara bertahap saat ini sisa kendaraan yang datang dari wilayah Jawa itu mulai memasuki ruas arteri di Kota Cirebon, kemudian bergerak untuk kembali ke Jakarta.
 
“Saat ini kami akumulasikan masih ada peningkatan di bawah 100.000 kendaraan, mungkin sekitar 80.000 sampai 90.000 unit yang akan mengarah ke Jakarta,” ujarnya.
 
Meski lonjakan kendaraan terus terjadi, Dishub Kota Cirebon memastikan kalau arus lalu lintas di ruas arteri masih ramai lancar atau tidak terdapat antrean pengendara.
 
Menurut dia, petugas di Posko Dishub Kota Cirebon bakal memantau serta menghitung volume kendaraan yang melintas untuk mendapatkan data terperinci terkait arus balik tahun ini.
 
Ia menyebutkan bahwa data jumlah kendaraan ini nantinya dijadikan sebagai rujukan, guna menyiapkan kebijakan dalam menghadapi arus mudik dan balik Lebaran pada 2025 mendatang.
 
“Petugas kami masih berjaga untuk melakukan penghitungan secara manual karena lonjakan kendaraan sampai H+5 Lebaran masih terjadi,” ucap dia.*

Baca juga: Bandara Halim catat lonjakan penumpang 40 persen di puncak arus balik

Baca juga: ASDP catat masih 448.514 penumpang belum kembali ke Pulau Jawa

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024