Totalnya ada 68.804 penumpang yang kami layani selama masa posko Lebaran ini.
Solo (ANTARA) - Bandara Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah memastikan pelayanan yang diberikan kepada penumpang maupun maskapai yang membuka rute melalui bandar udara ini selama arus mudik dan milir Lebaran 2024 berjalan lancar.

"Totalnya ada 68.804 penumpang yang kami layani selama masa posko Lebaran ini," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Erick Rofiq Nurdin, di sela penutupan Posko Angkutan Lebaran 2024/1445 H, di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat.

Sedangkan untuk pergerakan pesawat, katanya lagi, selama masa posko Lebaran ada 542 pergerakan pesawat.

"Untuk kargo ada sebanyak 194.114 kg selama periode yang sama," katanya pula.

Ia mengatakan untuk puncak arus mudik terjadi pada H-5 Lebaran dengan jumlah penumpang mencapai 5.130 orang dengan sebanyak 44 pergerakan pesawat terbang.

Sedangkan di puncak milir ada lebih banyak penumpang, yakni sebanyak 6.172 penumpang tepatnya di H+3 Lebaran dengan sebanyak 48 pergerakan pesawat.

Sementara itu, katanya lagi, pada periode kali ini ada beberapa maskapai yang mengajukan penerbangan tambahan, yakni Batik Air, Super Air Jet, Citilink, dan Garuda Indonesia.

Menurut dia, rute favorit dari dan menuju Adi Soemarmo didominasi tujuan Jakarta, baik melalui Bandara Soekarno-Hatta maupun Halim Perdana Kusuma. Sementara dari luar Pulau Jawa penambahan penerbangan dilakukan untuk tujuan Balikpapan.

"Maskapai yang menyediakan beberapa penerbangan tambahan ini untuk rute yang dipadati penumpang pada periode mudik," katanya lagi.
Baca juga: Bandara Adi Soemarmo meraih empat penghargaan di ASQ Awards 2023
Baca juga: Bandara Adi Soemarmo siapkan posko jelang momentum mudik Lebaran

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024