Alhamdulillah, (ZIS) kita pada Ramadhan tahun ini telah mencapai di atas target yang telah ditetapkan yaitu Rp447,9 miliar. Yang kita targetkan Rp430 miliar
Jakarta (ANTARA) -
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI mencatat pengumpulan Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) di tingkat pusat selama Ramadhan 1445 Hijriah/2024 mencapai Rp447,9 miliar atau 104,17 persen dari target pengumpulan ZIS Rp430 miliar.
 
"Alhamdulillah, (ZIS) kita pada Ramadhan tahun ini telah mencapai di atas target yang telah ditetapkan yaitu Rp447,9 miliar. Yang kita targetkan Rp430 miliar," kata Ketua Baznas RI Noor Achmad dalam acara Tasyakuran Panitia Ramadhan 2024 di Kantor Baznas, Jakarta, Kamis.
 
Menurut Achmad, keberhasilan Baznas menghimpun ZIS dengan jumlah yang melampaui target itu menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap Baznas dalam menyalurkan zakat, infak, dan sedekah mereka.
 
Ia berterima kasih kepada seluruh pihak yang berkontribusi atas keberhasilan tersebut, mulai dari para pemberi ZIS, tim pengumpul zakat, panitia Ramadhan Baznas, hingga para wartawan.

Baca juga: Baznas RI targetkan pengumpulan ZIS selama Ramadhan capai Rp430 miliar
 
"Kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh amilin-amilat, tim pengumpulan, panitia Ramadhan, teman-teman wartawan, yang selama ini telah membantu Baznas dalam rangka sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai informasi yang tepat soal zakat," ucapnya.
 
Achmad menyampaikan pula bahwa capaian pengumpulan ZIS yang melampaui target itu tidak terlepas dari kehadiran digitalisasi yang memudahkan masyarakat membayar ZIS kepada Baznas melalui beragam fitur, seperti dompet digital.
 
"Pengumpulan zakat tahun ini melalui digital sangat signifikan," katanya.
 
Ke depannya Baznas akan menyalurkan ZIS itu sesuai dengan Rencana kerja dan Anggaran Tahunan (RKAT) Baznas untuk sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi, kemanusiaan, terutama untuk membantu fakir miskin.
 
"Perolehan yang di luar target tersebut akan kami susun lagi untuk apa ke depan," ujar Achmad.

Baca juga: Baznas susun 22 program sepanjang Ramadhan 2024
 
 

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024