Banjarmasin (ANTARA) - Forum Silaturahmi Muslimah Banjarmasin, Kalimantan Selatan menggelar kegiatan bertajuk "Ramadhan for Kids" di Masjid Jami Banjarmasin , Senin (6/5).bertujuan mengajak anak-anak untuk bergembira menyambut bulan suci Ramadhan dengan cara belajar berpuasa sejak dini.

"Ada 90 anak yang berasal dari sejumlah taman kanak-kanak dan sekolah dasar (SD) di Banjarmasin yang mengikuti kegiatan selama dua hari ini di awal puasa," kata penyelenggara, Maria Ulpah.

Dalam kegiatan keagamaan untuk anak itu, peserta dijelaskan segala hal tentang puasa sekaligus diberikan motivasi supaya muncul keinginan untuk bisa berpuasa satu hari penuh dalam satu bulan.

"Kita ingin tanamkan rasa gembira itu muncul pada diri anak ketika mengetahui saat ini mereka menjalani bulan puasa. Jadi, tibanya bulan Ramadhan, saatnya anak bergembira dengan berpuasa," jelas Maria yang juga sebagai pengajar di kegiatan kelas untuk kategori anak TK.

Memasuki hari kedua, anak-anak akan mengikuti beragam permainan dan lomba-lomba seperti lomba mewarnai dan hafalan bacaan  surat pendek Al-Quran.


Sementara salah satu anak Syahda (6), mengaku senang bisa mengikuti kegiatan pada bulan Ramadhan untuk pertama kalinya tersebut.

"Senang ikut Ramadhan for Kids, bisa ketemu teman-teman baru dan semuanya berpuasa," ucap anak yang tercatat sebagai murid RA Al Izzah Banjarmasin itu.

Sedangkan para orang tua juga tampak antusias menemani putra dan putrinya sedang belajar sambil bermain secara santai di area teras belakang Masjid Jami Banjarmasin tersebut.

Seperti yang diungkapkan Muthmainnah, orang tua dari Abqory (7). Dia mengucapkan terima masih dan apresiasi kepada penyelenggara atas kegiatan yang sangat positif hingga bisa menanamkan pendidikan agama khususnya terkait Ramadhan kepada sang putra yang kini duduk di kelas 2 di HSC Baitul 'Izzah, sekolah tahfidz di Banjarmasin setara SD mengedepankan pembentukan karakter islami anak menuju generasi mulia Islam yang ahlul qur'an.

Pewarta: Firman
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019