Jasa Raharja memiliki program yakni pencegahan kecelakaan dengan memberangkatkan pemudik sepeda motor yang dialihkan ke moda transportasi kereta api, bus dan kapal laut
Jakarta (ANTARA) - PT Jasa Raharja (Persero) akan menyiapkan 15 rest area atau tempat istirahat di 15 titik wilayah pantura, jalur selatan Jawa Barat dan Lampung, bagi para pemudik sepeda motor selama Lebaran tahun ini.

"Terkait dengan para pemudik yang menggunakan sepeda motor, Jasa Raharja menyelenggarakan atau menyiapkan 15 rest area untuk beristirahat di 15 titik wilayah Pantura dan jalur selatan, itu mohon bisa betul-betul dimanfaatkan dengan baik," ujar Direktur Utama Jasa Raharja, Budi Rahardjo kepada wartawan di Jakarta, Selasa.

Budi menjelaskan bahwa penempatan rest area itu berdasarkan perhitungan pihaknya terkait titik lelah dari para pengemudi atau penumpang sepeda motor untuk beristirahat sejenak.

Selain menyiapkan 15 rest area, Dirut Jasa Raharja itu juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak menggunakan sepeda motor. Namun jika terpaksa menggunakannya maka pemudik sepeda motor diminta untuk berhati-hati dan mengikuti arah petugas serta rambu lalu lintas.

"Kami, pemerintah dan para stakeholder semuanya mengimbau kepada masyarakat, pertama untuk tidak menggunakan sepeda motor untuk mudik, namun kalau terpaksa harus menggunakannya maka pemudik motor harus berhati-hati kemudian mengikuti arahan dari para petugas dan juga memperhatikan rambu-rambu yang ada," kata Budi.

Dia juga menambahkan bahwa sepeda motor sebetulnya merupakan kendaraan yang bukan dirancang untuk menempuh perjalanan jarak jauh, seperti mudik Lebaran.

Sebelumnya PT Jasa Raharja akan memberangkatkan 40.180 penumpang melalui mudik gratis tahun ini khusus untuk pemudik sepeda motor dalam rangka mencegah kecelakaan lalu lintas selama Lebaran 2019.

Jasa Raharja memiliki program yakni pencegahan kecelakaan dengan memberangkatkan pemudik sepeda motor yang dialihkan ke moda transportasi kereta api, bus dan kapal laut.

Pemikiran program tersebut berdasarkan dari banyaknya pemudik yang menggunakan motor menjadi korban kecelakaan kurang lebih 70 persen, sehingga Jasa Raharja berpikir bagaimana mengurangi tingkat kematian maupun korban kecelakaan sepeda motor jadi mengalihkan dari pengendara dan penumpang sepeda motor ke moda bus atau transportasi umum. Itulah alasan Jasa Raharja menyelenggarakan mudik gratis.

Baca juga: Cegah kecelakaan, Jasa Raharja gelar mudik gratis bagi pengguna motor

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019