Makassar (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VI menggiatkan ceramah singkat atau kuliah tujuh menit (kultum) sehabis waktu shalat di masjid ssetempat  pada bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah 

Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Letkol Marinir Akhmad Mukhroji di Makassar, Selasa, mengatakan kuliah tujuh menit di Lantamal VI adalah tradisi yang terus dipertahankan.

"Ini adalah tradisi yang kami pertahankan selama ini khususnya dalam memberikan siraman rohani kepada jamaah," ujarnya di Masjid Jami'atul Bahari Lantamal VI.

Di depan jamaah dalam ceramah kultumnya, Letkol Marinir Akhmad Mukhroji menyampaikan dalam diri manusia ada jihad yaitu jihad melawan hawa nafsu.


"Semoga para jamaah Masjid Jami'atul Bahari semua dalam bulan Ramadhan mendapat rahman dan rahim dari Allah SWT," katanya.

Salah satu jamaah Masjid Jami'atul Bahari Lantamal VI, Suparman mengatakan pelaksanaan kultum ini dilaksanakan usai shalat Dzuhur di setiap hari kerja selama bulan Ramadhan dan sudah menjadi tradisi tiap tahun.

Saat adzan sholat Dzuhur, para jamaah yang mayoritas prajurit dan PNS Lantamal VI tterus 
​berdatangan memadati ruangan utama Masjid Jami'atul Bahari.

"Para jamaah yang sudah memadati dan mengetahui tradisi ini pun usai melaksanakan shalat Dzuhur tidak serta langsung meninggalkan tempatnya, tapi menantikan pembawa kultum yang sudah dijadwalkan untuk berikan siraman rohani Ramadhan," ujar Suparman.

 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019