Batusangkar, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat membentuk tim terpadu pengamanan dan penertiban masyarakat selama bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah.

"Agar tercipta keamanan dan ketertiban selama bulan Ramadhan ini kami membentuk tim terpadu yang anggotanya terdiri dari Satpol-PP, Polres dan Kodim 0307 Tanah Datar serta OPD terkait," kata ketua tim Yusnen di Batusangkar, Selasa.

Ia berharap dengan dibentuknya tim ini tidak ada gangguan terhadap umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa maupun gangguan saat menjalankan ibadah shalat tarawih seperti ada anak-anak yang membunyikan petasan, dan lainnya.

Kepada masyarakat pedagang di daerah setempat juga diminta mengambil bagian dalam menegakkan peraturan untuk menjaga ketertiban umum dengan tidak menjual petasan.

"Kalau masyarakat tidak menjualnya tidak akan ada bunyi petasan. Tapi kami akan menertibkan jika hal itu terjadi dan mengganggu masyarakat," ujarnya.

Sementara Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) tim penertiban, Elfiardi mengatakan tim keamanan akan bekerja selama bulan Ramadhan dengan sasaran utama penertiban warung kelambu, peredaran petasan, dan pasar pabukoan di seluruh wilayah Tanah Datar.

"Karena warung kelambu dan petasan sangat mengganggu ketentraman ibadah puasa dan shalat tarwih, maka akan kita tertibkan," katanya.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Tanah Datar Marwan mengatakan tim keamanan yang telah dibentuk akan ditempatkan di Pasar Pabukoan Batusangkar.

Pewarta: Syahrul Rahmat
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2019