Jangan sampai kegiatan ini hanya dilakukan di daerah itu ke itu saja
Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyinergikan sejumlah kegiatan operasi pasar yang digelar organisasi perangkat daerah, lembaga dan perusahaan, selama Ramadhan 1440 H, agar lebih tepat sasaran.

"Beberapa OPD seperti Disperindag, Dinas Pangan, dan Dinas Pertanian, serta Bulog dan Polda akan menggelar operasi pasar. Oleh karena itu, kita mengupayakan agar operasi pasar ini bisa disinergikan," kata Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah Kepulauan Babel Yan Megawandi usai rakor operasi pasar di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan kegiatan rakor ini juga memetakan kondisi stok dan perkembangan harga sembako, sekaligus menyinergikan kegiatan operasi pasar yang digelar di masing-masing instansi pemerintah provinsi, kabupaten, kota, kepolisian, perusahaan BUMN dan swasta untuk membantu ekonomi masyarakat di daerah ini.

"Kita ingin operasi pasar ini tepat sasaran dan membantu meringankan ekonomi masyarakat. Jangan sampai kegiatan ini hanya dilakukan di daerah itu ke itu saja," ujarnya.

Ia berkeinginan operasi pasar ini bisa menjangkau masyarakat di pelosok desa, agar mereka mudah mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

"Kita berharap operasi pasar ini digelar di seluruh desa, namun dengan jumlah desa yang mencapai 330 desa tidak memungkinkan kegiatan ini digelar di seluruh desa," ujarnya.

Namun demikian, pemerintah provinsi terus berupaya operasi pasar ini bisa meringankan ekonomi masyarakat kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan sembako selama Puasa dan menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

"Paling tidak operasi pasar ini dapat mengurangi dan menekan kenaikan harga sembako yang sudah mulai mengalami kenaikan selama Ramadhan ini," katanya.

Baca juga: Pemkab Lumajang gelar operasi pasar sembako murah
Baca juga: Operasi pasar bahan pangan berlanjut hingga harga stabil

Pewarta: Aprionis
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019