Bahas mudik lebaran, harus lebih baik, harus memastikan keselamatan, harus memperhatikan UMKM, itu yang paling utama. Dan tiket disuruh dibahas bersama Menko Perekonomian pada Senin
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menemui Presiden Joko Widodo membahas persiapan mudik Lebaran 2019, salah satunya mengenai harga tiket pesawat udara.

"Bahas mudik lebaran, harus lebih baik, harus memastikan keselamatan, harus memperhatikan UMKM, itu yang paling utama. Dan tiket disuruh dibahas bersama Menko Perekonomian pada Senin," kata Budi ditemui di halaman Istana Negara pada Kamis sore.

Menurut Budi, pemerintah akan memfinalisasi penyesuaian tarif batas atas pada Senin (13/5) dengan mengkomunikasikannya kepada sejumlah maskapai penerbangan.

Pemerintah akan mencari harga pokok rata-rata melalui sebuah formula. Dengan dasar tersebut, nantinya pemerintah menyesuaikan tarif batas atas tiket pesawat udara.

Sebelumnya Menko Perekonomian Darmin Nasution mengatakan Menhub akan mengkaji ulang Peraturan Menteri Nomor PM 20 Tahun 2019 tentang Tata Cara dan Formulasi Perhitungan Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Selain itu, menurut Kementerian BUMN, maskapai Garuda Indonesia juga akan mematuhi keputusan mengenai tarif batas atas tiket penerbangan itu. 

Baca juga: Pemerintah bahas persiapan mudik 2019 antisipasi kemacetan

Baca juga: Pemerintah siapkan posko Lebaran 2019 di 36 bandara

Baca juga: Pemerintah akan kaji tarif pesawat mahal

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019