Hingga sekarang kondisi harga bahan kebutuhan pokok yang dijual para pedagang eceran pada sejumlah pasar masih stabil
Koba, Babel (ANTARA) - Tim gabungan terdiri atas Disperindagkop, Dinkes, Satpol PP, BPOM, dan Polres Bangka Tengah akan melakukan inspeksi mendadak terhadap distributor bahan kebutuhan pokok satu minggu menjelang Lebaran 2019.

"Satu minggu sebelum Lebaran, kami akan sidak distributor bahan kebutuhan pokok untuk mengantisipasi beredarnya barang yang sudah kedaluwarsa," kata Kabid Perdagangan pada Disperindagkop Bangka Tengah Royter Gebangka di Koba, Kamis.

Ia menjelaskan, permintaan masyarakat akan sangat tinggi terhadap barang kebutuhan pokok karena akan memasuki Lebaran.

"Justru itu, kami harus memastikan semua bahan kebutuhan pokok yang beredar layak dikonsumsi dan tidak ditemukan adanya pedagang nakal," ujarnya.

Ia juga mengatakan, peredaran daging ayam dan sapi juga tidak luput dari pengawasan untuk mengantisipasi beredarnya daging yang tidak layak dikonsumsi masyarakat.

"Sekarang kami baru melakukan pengecekan rutin terhadap pedagang eceran pada sejumlah pasar, untuk melihat kondisi harga dan ketersediaan stok," ujarnya.

Ia menyatakan, hingga sekarang kondisi harga bahan kebutuhan pokok yang dijual para pedagang eceran pada sejumlah pasar masih stabil.

"Harga masih stabil, kecuali harga bawang putih memang terjadi lonjakan harga dari Rp40 ribu menjadi Rp70 ribu per kilogram," ujarnya.

Baca juga: Agar tepat sasaran, Pemprov Babel sinergikan sejumlah operasi pasar
Baca juga: Harga cabai dan bawang merah Babel naik

Pewarta: Ahmadi
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019