Sejumlah ruas jalan kewenangan Pemprov Banten yang ada di wilayah Kabupaten Lebak kondisinya laik dilintasi pemudik, di antaranya jalur Cipanas-Citorek hingga perbatasan Provinsi Jawa Barat, juga Kota Rangkasbitung serta Malingping-Bayah-Cibeber-Cilo
Lebak (ANTARA) -
Ruas jalan Provinsi Banten di wilayah Kabupaten Lebak dinyatakan aman dan siap dilintasi berbagai angkutan pemudik lebaran 2019.

"Kami telah merealisasikan pembangunan jalan beraspal hotmix juga betonisasi agar pemudik lebaran nyaman dan lancar," kata Pelaksana Pengelola Jalan dan Jembatan Wilayah Kabupaten Lebak Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Banten Kuncoro di Lebak, Jumat (10/5).

Pemerintah Provinsi Banten berkomitmen untuk merealisasikan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan guna memudahkan akses ekonomi masyarkat. Saat ini, sejumlah ruas jalan kewenangan Pemprov Banten yang ada di wilayah Kabupaten Lebak kondisinya laik dilintasi pemudik.

Di antaranya jalur Cipanas-Citorek hingga perbatasan Provinsi Jawa Barat. Selain itu juga sejumlah ruas jalan dalam Kota Rangkasbitung serta Malingping-Bayah-Cibeber-Cilograng. "Kami berharap ruas jalan tersebut tidak menimbulkan kecelakaan juga memperlancar arus mudik lebaran," ujarnya.

Menurut dia, Pemprov Banten memperbaiki jalan tersebut, selain demi kelancaran lalu lintas guna menunjang perekonomian masyarakat, juga untuk kenyamanan bagi pemudik.

Sebab, jalan sangat vital untuk membuka daerah-daerah terisolir di wilayah Kabupaten Lebak yang melintasi kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

"Kami membangun jalan itu untuk mempermudah akses lalu lintas sehingga arus mudik lebaran aman, nyaman dan lancar," katanya.

Kuncoro mengatakan, petugas Tim Reaksi Cepat (TRC) juga disiagakan guna mengantisipasi terjadinya longsoran tanah sehubungan curah hujan masih berpotensi. Di samping itu menyiapkan peralatan berat di sejumlah lokasi.

Petugas TRC selama arus mudik dan arus balik Lebaran melakukan piket di Posko Pengendali PUPR Provinsi Banten. Ruas jalan yang masuk kategori rawan longsor cukup banyak di antaranya titik jalur Cipanas-Citorek 33 Km hingga perbatasan Jawa Barat.

Jalan tersebut berada di daerah yang topografinya perbukitan dan pegunungan karena berada di kawasan TNGHS.

"Kami mengimbau pemudik agar mewaspadai jalan rawan longsor jika hujan deras itu," katanya.

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019