Kami telah merealisasikan betonisasi dan pengaspalan jalan dengan hotmix agar pemudik lebaran nyaman dan lancar
Lebak (ANTARA) -
Sejumlah ruas jalan di wilayah Kabupaten Lebak, Banten, dinyatakan siap dan aman dilintasi kendaraan pemudik saat arus mudik dan balik Lebaran 2023.
 
"Kami telah merealisasikan betonisasi dan pengaspalan jalan dengan hotmix agar pemudik lebaran nyaman dan lancar," kata Sekretaris Unit Pelaksana Teknis Daerah Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (UPTD PJJ) Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Banten wilayah Lebak, H Kuncoro di Lebak, Minggu.
 
Pemerintah Provinsi Banten bekerja keras merealisasikan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan guna memudahkan akses masyarakat.
 
Saat ini, sejumlah ruas jalan utama kewenangan Pemprov Banten yang ada di wilayah Kabupaten Lebak kondisinya laik dilintasi pemudik.
 
Di antaranya jalan Picung Simpang, Bayah Cikotok, Cikotok hingga perbatasan Jawa Barat dan Maja Koleang.
 
Selain itu sejumlah ruas jalan dalam kota Rangkasbitung Cipanas-Lebak Gedong-Citorek.

Baca juga: Terminal Mandala Lebak siapkan 89 bus AKAP dan AKDP layani pemudik

Baca juga: Permintaan kelapa muda di Lebak meningkat pada bulan Ramadhan
 
"Semua ruas jalan itu kondisinya mulus dan dipastikan dapat memperlancar arus mudik lebaran," ujarnya.
 
Menurut dia, Pemprov Banten memperbaiki jalan tersebut, selain demi kelancaran lalu lintas guna menunjang perekonomian masyarakat setempat.
 
Selain itu untuk menekan biaya transportasi dan kenyamanan bagi pemudik serta dapat mencegah kecelakaan lalu lintas.
 
Sebab, jalan sangat vital untuk membuka daerah-daerah terisolir di wilayah Kabupaten Lebak yang melintasi kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).
 
"Kami membangun jalan itu untuk mempermudah akses lalu lintas sehingga arus mudik lebaran aman, nyaman dan lancar," katanya.
 
Kuncoro mengatakan pekerjaan perbaikan ruas jalan utama itu dikerjakan oleh tenaga khusus untuk menghasilkan kualitas yang bagus, sehingga layak dilintasi pemudik Lebaran 2023.
 
Pemerintah provinsi memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang hendak mudik berjalan lancar, aman dan selamat sampai tujuan.
 
"Saya kira dengan kondisi jalan yang betonisasi dan beraspal hotmix itu tentu pemudik merasa nyaman juga dapat mengantisipasi kecelakaan lalu lintas," katanya.
 
Sejumlah warga mengaku selama ini ruas jalan kewenangan provinsi di wilayah Lebak sangat bagus karena betonisasi dan pengaspalan dengan hotmix.
 
Pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi menuju Bayah wilayah selatan Lebak, memerlukan waktu sekitar 1,5 jam dengan jarak 110 km.
 
Selain itu aktivitas masyarakat menggeliat setelah perbaikan jalan dan kemungkinan arus mudik meningkat karena kondisi jalan baik.
 
"Saya yakin ruas jalan betonisasi dan hotmix ini tentu berdampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat," kata Moch Husen (55) tokoh masyarakat Lebak.

Baca juga: Petani karet di Lebak kembali bergairah setelah harga melonjak

Baca juga: Petani Lebak raup untung usai ditetapkan HPP baru GKP Rp5.000/kg

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023