Di wilayah Kalimantan yang mendapatkan program mudik gratis adalah, Pelabuhan Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, kemudian Pelabuhan Kumai dan Pelabuhan Sampit, Kalimantan Tengah
Banjarmasin (ANTARA) - Pemerintah kembali melaksanakan program mudik gratis bagi masyarakat yang akan mudik dari wilayah Kalimantan menuju Surabaya, Jawa Timur.

General Manager Pelabuhan Trisakti Banjarmasin Jasri di Banjarmasin, Selasa, mengatakan, pada 2019 ini, pemerintah menyiapkan 2.000 tiket kapal gratis untuk penumpang di tiga pelabuhan.

"Di wilayah Kalimantan yang mendapatkan program mudik gratis adalah, Pelabuhan Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, kemudian Pelabuhan Kumai dan Pelabuhan Sampit, Kalimantan Tengah," katanya.

Program mudik gratis tersebut, tambah dia, mulai diterapkan pada H-6 Lebaran Idul Fitri, sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Terhitung sejak awal Ramadhan jumlah penumpang kapal laut terus mengalami peningkatan, hal tersebut terjadi karena dampak dari mahalnya harga tiket pesawat.

Menurut Jasri, pada hari biasa, jumlah penumpang cuma di kisaran 50 orang, kini mencapai 250 penumpang dalam setiap pemberangkatan kapal.

Kebanyakan penumpang merupakan pekerja bangunan dan perkebunan kelapa sawit yang datang dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan dan Tengah, yang memilih mudik lebih awal menggunakan transportasi laut dari Banjarmasin menuju Surabaya.

Saat ini di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin terdapat tujuh kapal yang beroperasi untuk pengangkut penumpang dan barang.

Jasri mengatakan, semenjak mahalnya tarif tiket pesawat, kini kapal laut menjadi transportasi alternatif bagi pemudik.

Salah seorang punumpang, Purwanti mengatakan, baru pertama kali mudik menggunakan kapal laut.

Mereka memilih menggunakan kapal laut karena harga tiket pesawat sangat mahal, ditambah dengan penetapan biaya tarif bagasi, sehingga membuat tarif angkutan udara semakin tidak terjangkau.

 

Pewarta: Ulul Maskuriah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019