Diperkirakan banyak pemudik yang menggunakan jalur darat seiring mahalnya tiket pesawat terbang
Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru bersama unsur terkait bersiap membuka posko mudik guna memantau aktivitas arus mudik Lebaran 2019 di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

"Kami bersama unsur terkait nantinya jelang Idul Fitri juga membuka posko di sekitar jalan-jalan lingkar," kata Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso di Pekanbaru, Sabtu.

Dia menjelaskan, nantinya dibuka sejumlah posko pelayanan yang berada di sejumlah titik di Ibu Kota Provinsi Riau ini. Posko tersebut berada di dekat Mal SKA dan Pelabuhan Sei Duku.

Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru bersama tim terpadu seperti kepolisian setempat nantinya melakukan pemantauan di sejumlah titik, mengantisipasi padatnya lalu lintas di sejumlah ruas jalan dan berusaha mengurangi kemacetan.

Pasalnya ada sejumlah ruas jalan bakal padat saat arus mudik Lebaran 2019. "Jadi kami bakal mengantisipasi adanya kemacetan di titik-titik tersebut," terang Yuliarso.

Kota Pekanbaru seperti pada tahun-tahun sebelumnya menjadi daerah tujuan mudik seperti dari Jambi, Sumatera Barat, dan dari Pulau Jawa.

Diperkirakan tahun ini banyak pemudik yang menggunakan jalur darat seiring masih mahalnya tiket pesawat terbang.

Selain itu, pemerintah juga mengimbau pemudik untuk menaati aturan selama di perjalanan guna mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas.

Sementara, Wakil Bupati Indragiri Hilir Syamsuddin Uti mengimbau kepada pihak terkait untuk melakukan pengawasan terhadap kapal penumpang cepat yang melebihi kapasitas angkut karena berisiko terhadap keselamatan.

"Syahbandar dan pihak terkait lainnnya agar mengawasi setiap angkutan laut di pelabuhan-pelabuhan supaya tidak ada penumpukan penumpang," ucap Syamsuddin.

Pria yang akrab disapa SU itu mengatakan, jelang Hari Raya Idul Fitri , jumlah pengguna angkutan umum akan melonjak, hal itu akan berdampak pada padatnya jumlah penumpang.

Indragiri Hilir merupakan kabupaten di Riau yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jambi.

Di Kabupaten Inhil, 83 persen pengguna angkutan umum menggunakan jalur laut dan sungai untuk mudik lebaran,  kapal menjadi primadona masyarakat.



Baca juga: Perantau terancam tak bisa mudik karena tiket pesawat mahal
Baca juga: Waspadai lima titik rawan di Jalinsum saat mudik

Pewarta: Riski Maruto
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019