Kami juga mengantisipasi pengemudi yang memakai narkoba
Surabaya (ANTARA) - Petugas gabungan melakukan cek kesehatan dan urine kepada sopir bus di Terminal Purabaya, Sidoarjo, Jawa Timur sebagai bentuk jaminan kenyamanan serta keselamatan bagi pemudik pada Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Tes urine dan kesehatan sekaligus meminimalisasi kecelakaan lalu lintas saat arus mudik dan balik," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Timur Kombes Pol Heri Wahono kepada wartawan di lokasi, di Sidoarjo, Selasa.

Menurut dia, antisipasi dari pihak kepolisian untuk meminimalisasi kecelakaan salah satunya pengecekan kendaraan, sedangkan kepada pengemudi berupa pemeriksaan tes kesehatan dan urine.

Dalam tes kesehatan yang juga disaksikan Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho tersebut, para sopir harus melewati beberapa sesi seperti tes urine, periksa mata yang meliputi warna dan pandangan, gula darah, alkohol serta tensi darah.

Sementara itu, selain dari sisi kesehatan, Dinas Perhubungan Kota Surabaya bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur juga melakukan ramp check atau inspeksi keselamatan.

"Ini dilakukan supaya mengetahui mana pengemudi yang sehat dan tidak. Kami juga mengantisipasi pengemudi yang memakai narkoba, lalu dari sisi kendaraan ingin melihat kondisi dari pada kendaraan layak atau tidak melalui ramp check maupun emisi gas buang," ucapnya.

Di tempat sama,  sopir bus antarkota jurusan Surabaya-Malang, Suparno mengaku cukup senang karena penumpang bisa lebih percaya dan merasa aman ketika hendak mudik menggunakan transportasi bus.

Sementara itu, di Terminal Bus Purabaya juga disiapkan pos pelayanan Lebaran Idul Fitri 2019 dari Polresta Sidoarjo.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho berkomitmen selalu mengecek kesiapan pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu di beberapa titik di Kabupaten Sidoarjo.

"Agar pos-pos Polresta Sidoarjo nantinya dapat terus siaga melayani masyarakat di perayaan Idul Fitri, selama gelaran Operasi Ketupat Semeru 2019," tuturnya.  


Baca juga: Polresta Probolinggo cek kesehatan sopir bus jelang Lebaran
Baca juga: Kemenhub mengingatkan sopir bus cek kondisi kesehatan

Pewarta: Fiqih Arfani/Willy Irawan
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019