Yang sudah lulus kelayakannya kita kasih stiker. Dimana stiker ini menandakan bahwa bus-bus tersebut sudah layak jalan. Kalau tidak layak kita enggak ijinkan beroperasi,
Medan (ANTARA) - Jelang berlangsungnya arus mudik lebaran, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumatera Utara (Jawa Tengah) melakukan "ram check" atau inspeksi keselamatan terhadap kendaraan umum.

Ram check berlangsung di dua terminal yakni di Terminal Terpadu Amplas di Jalan Panglima Denai Timbang Deli, dan Terminal Penumpang Pinang Baris Medan di Jalan Tahi Bonar Simatupang, Medan Sunggal.

Ram check ini dilakukan untuk memastikan kondisi kendaraan yang akan digunakan oleh masyarakat saat arus mudik Lebaran.

"Akan kita lakukan sampai menjelang lebaran, " kata Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah II Sumut Putu Sumarjaya, Rabu (29/5).
 
Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara melakukan 'Ram Check' di Terminal Terpadu Amplas Jalan Panglima Denai Timbang Deli, Rabu (29/5) (Antara Sumut/ Nur Aprilliana Br Sitorus)
 


Obyek yang diinspeksi adalah sistem penerangan, perlengkapan kendaraan bermotor, fasilitas tanggap darurat, sistem alat kemudi, bagian badan kendaraan dan komponen pendukung, serta pengemudi.

Dari seluruh obyek yang diinspeksi tersebut, ada beberapa persyaratan mutlak yang harus dipenuhi, yaitu lampu utama, penunjuk arah, lampu posisi, lampu rem, penghapus kaca, kondisi ban baik dan kondisi fisik pengemudi yang sehat.

“Yang sudah lulus kelayakannya kita kasih stiker. Dimana stiker ini menandakan bahwa bus-bus tersebut sudah layak jalan. Kalau tidak layak kita enggak ijinkan beroperasi," jelas Putu

Pantauan di lapangan, hingga saat ini beberapa kendaraan umum di Terminal Terpadu Amplas masih dilakukan pemeriksaan.


Baca juga: Polres-BNNK Lumajang cek urine sopir jelang angkutan Lebaran
Baca juga: Terminal Tirtonadi dirikan "posko copet" selama Lebaran
Baca juga: Petugas cek kesehatan dan urine sopir bus Terminal Purabaya

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019