Polair Babel periksa alat keselamatan kapal angkutan Lebaran

COVID-19 Task Force chief performs Eid prayers at BNPB Building
Wadir Polair Polda Kepulauan Babel AKBP Mochamad Zainul S.IK, (tengah) saat memimpin pemeriksaan alat keselamatan kapal angkutan lebaran rute Pelabuhan Pangkalbalam - Tanjung Pandan di Pangkalpinang, Rabu. (Babel.antaranews.com/Aprionis)
Pangkalpinang (ANTARA) - Polair Kepolisian Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memeriksa alat keselamatan kapal angkutan Lebaran, sebagai antisipasi dini kecelakaan laut selama arus mudik Idul Fitri 1440 Hijriyah.

"Hingga saat arus mudik angkutan laut berjalan dengan aman, lancar dan tertib," kata Wadir Polair Polda Kepulauan Babel AKBP Mochamad Zainul S.IK, usai memeriksa alat keselamatan kapal angkutan lebaran rute Pelabuhan Pangkalbalam - Tanjung Pandan di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan kegiatan pemeriksaan ini untuk memastikan kelayakan kapal angkutan lebaran, keamanan, alat keselamatan dan jumlah penumpang kapal yang disesuaikan kapasitas angkutan lebaran transportasi laut tersebut.

"Hasil pemeriksaan tadi kapal angkutan lebaran tersebut sudah memenuhi standar sesuai aturan pelayaran berlaku," ujarnya.

Menurut dia saat arus mudik tujuan Pelabuhan Belitung di Pangkalbalam masih normal dan ini terlihat masih banyaknya kursi yang kosong.

Sementara itu, arus mudik rute Pelabuhan Pangkalbalam tujua Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta sudah mengalami peningkatan.

"Pemudik tujuan Jakarta sudah meningkat dan berjalan aman, lancar dan tertib," katanya.

Ia mengimbau operator kapal untuk memuat penumpang melebih kapasitas, karena dapat membahayakan keselamatan dan rawan terjadi kecelakaan.

"Kita berharap nahkoda kapal untuk selalu memperhatikan kondisi cuaca, apabila terjadi cuaca buruk untuk segera mencari tempat perlindungan demi keselamatan calon penumpang yang akan merayakan Idul Fitri di kampung halamannya," ujarnya. 

Baca juga: Jasa Raharja sebar spanduk peringatan didaerah rawan kecelakaan
Baca juga: Sumut dirikan posko antisipasi longsor di jalur mudik Jalinsum
Baca juga: Kapolsek Kalideres ingatkan pemudik waspadai tindak kejahatan
Baca juga: Dinkes DIY intensifkan tes kesehatan dan urine sopir bus

Perintah perbaikan sejumlah peralatan keselamatan kapal

Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019