Medan (ANTARA) - Kepolisian Sektor Pancurbatu, Polrestabes Medan mengimbau kepada pemudik yang ingin melakukan perjalanan dari Kota Medan ke Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara agar dapat menggunakan jalur alternatif dan sebaliknya untuk mengantisipasi kemacetan.

Kapolsek Pancurbatu Kompol Faidir Chaniago, Sabtu, mengatakan hal itu dilakukan untuk meminimalisasi kemacetan, karena arus lalu lintas yang diprediksi akan meningkat dari hari biasanya pada saat mudik, dan libur Lebaran Idul Fitri 1440 H mendatang.

Saat ini, menurut dia, ada tiga Pospam yang sudah didirikan untuk mengantisipasi kemacetan lalulintas dan warga masyarakat yang memerlukan pelayanan Polri.

"Pospam itu, yakni di Jalan Jamin Ginting tepatnya di Desa Tiang Layar, pos pelayanan di Desa Sembahe, dan Pospam terpadu di wilayah Grend Hill Sibolangit," ujar Faidir.

Ia menyebutkan, pos tersebut ditempati sejumlah anggota Polri yang dibantu personel TNI dan instansi terkait lainnya.

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan persiapan rekayasa lalulintas.Salah satunya adalah mengalihkan kendaraan ke jalur alternatif yang sudah ada, dan dilengkapi rambu-rambu lalulintas.

"Kita juga mengimbau kepada pengguna jalan agar dapat tetap tertib berlalulintas demi kelancaran, dan keselamatan bersama," ucap dia.

Faidir menjelaskan untuk ruas jalan yang selama ini kondisinya rusak, dan sudah dapat dilalui.

Namun juga diingatkan kepada warga yang ingin melaksanakan libur Lebaran agar tidak lupa memperhatikan keamanan rumah yang ditinggalkan.

"Perhatikan juga kondisi kelistrikan untuk menghindari arus pendek dan jika perlu rumah yang ditinggalkan, jangan keadaan kosong," katanya.

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019