Semarang (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo beserta istri Siti Atikoh Supriyanti dan anak semata wayang Muhammad Zinedine Alam Ganjar naik kereta api bareng ratusan pemudik dari Jakarta ke Kota Semarang, Minggu malam.

Ganjar berjalan menuju peron di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, sekitar lima belas menit sebelum rangkaian KA Menoreh yang mengangkut 640 orang penumpang berangkat menuju Stasiun Besar Tawang, Semarang.

Selain menjadi rebutan salaman dan swafoto oleh para pemudik yang sudah di gerbong kereta api, Ganjar dan istri juga jadi tempat curhat dadakan bagi para peserta mudik gratis yang diadakan Pemerintah Provinsi Jateng sehingga membuat suasana jadi hangat dan akrab.

Para pemudik mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Ganjar karena Pemprov Jateng menyediakan mudik gratis Lebaran 2019 menggunakan kereta api dari Jakarta ke Semarang.

Ucapan terima kasih tersebut disampaikan langsung oleh para pemudik saat berada di atas KA Menoreh.

"Pak Ganjar terima kasih ya, saya bisa mudik bareng istri dan anak," kata salah seorang pemudik yang kemudian ditirukan pemudik lainnya.

Menurut Ganjar, para pemudik yang menjadi peserta mudik gratis menggunakan kereta api ini berharap Pemprov Jateng juga memfasilitasi arus balik secara gratis, tidak hanya saat mudik ke kampung halaman masing-masing.

"Para pemudik ini malah mintanya bukan hanya mudik ke Jateng saja yang gratis, tapi ketika mereka balik ke Jakarta juga mintanya gratis," ujarnya.

Ganjar berada di Jakarta untuk melepas peserta mudik gratis yang diadakan Pemprov Jateng sekaligus melayat mantan ibu negara Ani Yudhoyono yang meninggal dunia akibat menderita penyakit kanker darah.

Ada tiga rangkaian kereta api yang disediakan secara gratis oleh Pemprov Jateng untuk mengangkut para pemudik, yakni  KA Gajahwong berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 06.45 WIB, rute Pasar Senen-Purwokerto-Kroya-Gombong-Kebumen-Kutoarjo dengan kapasitas 720 penumpang

Selan itu KA Singasari berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 12.15 WIB, rute Pasar Senen-Purwokerto-Gombong-Kutoarjo-Klaten- Purwosari Solo dengan kapasitas 448 penumpang dan  KA Menoreh berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 20.30 WIB, rute Stasiun Pasar Senen-Brebes-Tegal-Pemalang-Pekalongan-Weleri-Semarang Tawang dengan kapasitas 640 penumpang.
 

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019