Jambi (ANTARA) - Jumlah penumpang menggunakan transportasi darat atau bus selama terjadi arus mudik Lebaran untuk wilayah Provinsi Jambi terjadi menurun sebesar 20 persen jika dibandingkan arus mudik Lebaran tahun lalu.

Kepala staf Kepegawaian Terminal Alam Barajo Jambi, Ade di Jambi, Jumat mengatakan untuk jumlah penumpang yang melakukan perjalanan baik arus mudik dan arus balik pada tahun ini terbilang menurun dibandingkan dua tahun lalu.

Hal tersebut dikarenakan banyak pihak yang menyediakan angkutan mudik Lebaran secara gratis kepada masyarakat seperti program yang dijalankan BUMN PTPN yang menyediakan program mudik gratis dengan menggunakan bus sebagai transportasinya.

"Ada penurunan jumlag penumpang untuk tahun ini, sekitar 20 persen dibandingkan tahun sebelumnya dan itu disebabkan ada beberapa pihak yang menyediakan mudik gratis untuk rute jarak pendek," ucap Ade.

Penurunan tersebut juga berdampak adanya beberapa bus atau angkutan penumpang tidak dapat digunakan karena jumlah penumpang yang sudah tidak ada saat arus mudik kemarin dan sehingga kendaraan tersebut harus di 'stanby' kan di terminal alam Barajo untuk antisipasi adanya tonjakan penumpang yang belum di bawa mudik lebaran.

"Beberapa waktu lalu masih ada beberapa bus yang masih 'stanby' untuk jaga jaga, kalau ada penumpang tambahan, tetapi sampai sekarang tidak ada sama sekali dan dalam waktu dekat bus tersebut akan dikembalikan kepada PO ketika urus balik usai nanti," kata Ade.

 

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019