Pandeglang (ANTARA) - Ruas jalan Labuan-Pandeglang kembali padat kendaraan hingga menimbulkan antrean panjang dan kendaraan sulit bergerak akibat banyak persimpangan dan perempatan jalan.

"Saya sudah empat jam terjebak kemacetan di sekitar perempatan Mengger, Pandeglang," kata Samsudin, seorang pengemudi yang hendak menuju Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Jumat.

Dia memperkirakan baru bisa kembali ke rumah pada malam  hari, akibat antrean kendaraan sejak dari jalur Labuan, Menes, Cipeucang, Cikadueun dan Saketi.

Ia berangkat dari Pantai Carita pukul 14.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB di terjebak kemacetan di perempatan Mengger.

Perjalanan kecepatan kendaraan di bawah 20 Km, karena pengunjung wisatawan ke pesisir Banten bagian barat cukup meningkat.

"Kami merasa kecewa melintasi jalur Pandeglang terjebak kemacetan. Jika tahu kepadatan kendaraan lebih baik melintasi jalur alternatif Saketi-Cileles-Rangkasbitung meski perjalananya agak jauh," katanya.

Memed, seorang pengemudi mengatakan dirinya dipastikan tiba di rumah malam dini hari karena antrean kendaraan begitu sulit bergerak.

Antrean kendaraan dialami sejak perempatan Caringin, Labuan hingga terjebak kemacetan.
Mereka bersama anggota keluarga sudah berziarah dan mendatangi obyek wisata Pantai Carita,namun saat kembali terjadi antrean panjang.

"Kami malam ini terjebak kemacetan sekitar Cikadueun dan masih jauh perjalanan," ujarnya menjelaskan.

Ia mengatakan, seharusnya jika berjalan lancar sudah sampai tujuan karena bisa ditempuh selama 2,5 jam.
Namun, dirinya sudah lima jam masih terjebak kemacetan kendaraan.

Kemungkinan antrian panjang itu terus berdatangan kendaraan dari arah Labuan menuju Pandeglang.

"Kami berharap petugas disebar di rawan-rawan kemacetan," katanya.

Budi, seorang petugas posko pengamanan Lebaran mengatakan dirinya bersama anggota bekerja keras untuk mengurai kemacetan dan antrian kendaraan melalui penyekatan jalur hingga mengatur lalu lintas.

"Kami mengimbau pengemudi agar mentaati peraturan lalu lintas dengan mendahului ketika terjadi kemacetan kendaraan," katanya.

Pantauan Jumat malam kepadatan kendaraan itu mengakibatkan antrean panjang karena banyak pemudik bersama anggota keluarga mendatangi sejumlah obyek wisata.

Selain itu juga banyak pemudik berkunjung ke sanak keluarga maupun berziarah.

Antrean panjang kendaraan terjadi sejak pagi hingga siang ini masih berlangsung dan diperkirakan hingga malam hari.

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019