Kami berharap semua berjalan lancar, aman serta terkendali meski ada peningkatan jumlah penumpang KA
Purwokerto (ANTARA) - Puncak arus balik di wilayah PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto khususnya Stasiun Purwokerto diprediksi pada 9 Juni 2019, kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Supriyanto.

"Prediksi ini muncul karena instansi pemerintah mulai aktif kembali pada hari Senin (10/6) setelah cuti bersama Lebaran 2019. Diperkirakan lebih dari 26 ribu penumpang yang akan naik KA dari stasiun-stasiun di wilayah Daop 5 Purwokerto ke berbagai kota tujuan," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat malam.

Ia mengakui volume penumpang KA yang diberangkatkan dari seluruh stasiun di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto cenderung meningkat sejak Lebaran hari kedua atau Kamis (6/6).

Berdasarkan data, volume penumpang KA yang diberangkatkan dari seluruh stasiun di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto pada Lebaran hari kedua mencapai 22.189 orang.

"Padahal sebelumnya, volume penumpang yang diberangkatkan pada H-10 Lebaran hingga hari pertama Lebaran berada pada kisaran 6.649-11.164 orang. Khusus Stasiun Purwokerto, volume penumpang yang diberangkatkan pada hari Kamis (6/6) sebanyak 6.636 orang," katanya.

Volume penumpang yang diberangkatkan dari wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto pada Jumat, hingga pukul 15.00 WIB tercatat 28.852 orang, sedangkan di Stasiun Purwokerto 7.500 orang.

Secara kumulatif, sejak H-10 Lebaran hingga Lebaran hari kedua tercatat 153.432 penumpang yang telah diberangkatkan dari wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto dengan berbagai kota tujuan yang didominasi Jakarta, Bandung, dan Semarang.

Dia menjelaskan volume penumpang tersebut meningkat tujuh persen dari periode yang sama pada Lebaran 2018 yang tercatat 143.225 orang

Kendati volume penumpang yang diberangkatkan cenderung meningkat, Supriyanto mengatakan volume penumpang yang turun (volume kedatangan penumpang, red.) di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto masih tergolong tinggi.

"Volume penumpang yang turun di stasiun-stasiun Daop 5 pada tanggal 6 Juni secara kumulatif mencapai 26.598 orang. Ini merupakan volume kedatangan penumpang tertinggi sejak masa angkutan Lebaran 2019 yang dimulai pada tanggal 26 Juni," katanya.

Terkait dengan antisipasi dalam menghadapi lonjakan penumpang arus balik, PT KAI Daop 5 Purwokerto sudah melakukan berbagai persiapam untuk mengantisipasi puncak arus balik, antara lain mengerahkan sumber daya manusia dalam posko angkutan Lebaran yang tersebar di berbagai stasiun

"Kami berharap semua berjalan lancar, aman serta terkendali meski ada peningkatan jumlah penumpang KA," katanya.
 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019