Daftar makanan ini bantu Anda tetap berenergi selama Ramadhan

COVID-19 Task Force chief performs Eid prayers at BNPB Building
Ilustrasi alpukat (Pixabay)
Jakarta (ANTARA) - Selama berpuasa, penting untuk menjaga energi Anda agar bisa tetap melakukan kegiatan sehari-sehari, walaupun belakangan ini terbatas di dalam rumah karena pandemi COVID-19.

Memilih jenis makanan yang tepat saat sahur bisa membuat Anda tetap berenergi dan kuat selama menjalani puasa di bulan Ramadhan. Makanan ini cenderung mudah Anda temui dalam keseharian Anda. Apa saja?

Baca juga: Penderita sakit maag jangan dulu santap makanan ini Ramadhan

Baca juga: Tujuh aplikasi untuk pesan makanan berbuka puasa


Berikut beberapa di antaranya seperti dilansir Gulf News:

1. Telur

Telur menjadi salah satu makanan paling bergizi di planet ini dan sangat tinggi protein. Konsumsi telur cara terbaik untuk tetap kenyang lebih lama dan rasanya enak.

Cobalah telur orak-arik dengan bayam yang dibungkus tortilla gandum utuh untuk sahur Anda atau kreasikan menu telur sesuai selera Anda.

2. Alpukat

Buah yang sangat bernutrisi ini, harus menjadi perhatian saat sahur. Alpukat juga menambah tekstur dan rasa yang kaya pada hidangan apa pun.

Buah ini tinggi kandungan seratnya, yang bisa berkontribusi besar dalam penurunan berat badan dan juga mengurangi lonjakan gula darah. Manfaat lainnya, membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga energi dilepaskan perlahan sepanjang hari.

Baca juga: Makanan minuman yang boleh dan tidak untuk buka puasa

Baca juga: Nafsu makan orang Indonesia meningkat saat Ramadhan dan Lebaran

3. Muffin

Makanan ini tinggi serat dan biji-bijian yang berkontribusi untuk diet yang sehat dan mengurangi rasa lapar di hari-hari Ramadhan yang panjang.

4. Greek yogurt

Makanan ini memiliki mengandung protein bahan yang sempurna untuk mempersiapkan puasa.

Greek yogurt juga dikemas dengan probiotik dan memiliki jumlah protein dua kali lipat dari yogurt biasa. Sedikit protein tambahan itulah yang akan membantu Anda merasa kenyang. Greek yogurt juga rendah karbohidrat dan juga membantu mengurangi rasa haus.

5. Salmon asap

Salmon menjadi bagian penting dari diet yang sehat, karena merupakan sumber protein, vitamin dan mineral, asam lemak omega-3, yang merupakan asam lemak esensial untuk fungsi otak yang sehat.

Baca juga: Penyebab berat badan bisa naik usai berpuasa

Baca juga: Menu diet sehat untuk yang berpuasa

Baca juga: Makan gorengan saat berbuka puasa, bolehkah?

6. Quinoa

Quinoa bebas gluten, tinggi protein dan memiliki semua asam amino esensial. Fleksibilitasnya juga sangat bagus, karena cocok dengan banyak bahan lainnya, memungkinkan Anda untuk berbagai situasi, dan yang terpenting, membuat Anda kenyang untuk waktu yang lama.

7. Selai kacang

Selai kacang tinggi protein dan membuat Anda merasa kenyang. Minyak sehat dalam selai kacang membantu menurunkan berat badan dan diabetes. Selai kacang juga penuh dengan lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung.

Baca juga: Jaga pola makan seimbang saat jalani puasa di tengah pandemi corona

Baca juga: "Pemanasan" agar tubuh lebih siap berpuasa

Baca juga: Apakah tenaga medis yang tangani COVID-19 boleh tidak puasa?


 

Peternak keluhkan rendahnya harga jual telur di tengah kenaikan harga pakan

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020