Kami sampaikan bahwa video tersebut diambil di Jalan Tol Jagorawi Km 34 arah Jakarta pada 27 Maret 2022 (sebelum bulan puasa)
Jakarta (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan penjelasan terkait video kepadatan lalu lintas menjelang arus mudik Lebaran yang beredar luas bahwa itu merupakan video yang direkam pada 27 Maret 2022 atau sebelum bulan Ramadhan.

"Terkait dengan video yang beredar luas hari ini dan dipersepsikan sebagai kepadatan lalu lintas jalan tol pada akhir pekan ini jelang musim mudik lebaran 2022. Kami sampaikan bahwa video tersebut diambil di Jalan Tol Jagorawi Km 34 arah Jakarta pada 27 Maret 2022 (sebelum bulan puasa)," ujar Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru Santoso dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Menurut Heru, pada saat itu terjadi kepadatan lalin arah Jakarta yang merupakan imbas dari lalu lintas one way dari wilayah Puncak menuju ke arah Jakarta.

Hal tersebut berdampak pada sejumlah jalan tol yang terintegrasi dengan Tol Jagorawi, di antaranya Tol JORR yang terintegrasi dengan jalan Tol Jakarta-Cikampek.

"Untuk mencairkan kepadatan tersebut, berdasarkan diskresi kepolisian, saat itu Jasa Marga memberlakukan contraflow di jalan Tol Jagorawi mulai dari Km 17 sampai dengan Km 8 (Cimanggis hingga Pasar Rebo)," kata Heru.

Sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 312.755 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek hingga H-9 Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 yang jatuh pada 23 April 2022.

Dwimawan Heru Santoso mengatakan bahwa total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini turun 7,8 persen jika dibandingkan lalin normal periode November 2021 dengan total 339.205 kendaraan.

Heru menambahkan angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung).

Baca juga: Gerbang Tol Kalikangkung sudah siap hadapi arus mudik
Baca juga: Pemprov Jatim berlakukan sistem buka tutup "rest area" di jalan tol
Baca juga: Jasa Marga targetkan pendapatan tol naik 27,3 persen selama Lebaran

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022