Makassar (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengimbau kepada seluruh pemudik agar memperhatikan kondisi kesehatannya menjelang mudik Lebaran 2022.

"Paling utama persiapkan kondisi fisik, jangan melakukan perjalanan jauh jika tidak memiliki kondisi tubuh yang fit," ujarnya di Makassar, Senin

Ia juga meminta masyarakat memperhatikan kondisi kendaraan pribadi untuk mudik agar tetap prima, demi keselamatan pribadi dan keluarga.

Ia mengatakan pentingnya masyarakat melakukan vaksinasi penguat sebelum mudik, sesuai dengan ketentuan pemerintah pusat.

Baca juga: Kemenhub apresiasi peluncuran buku digital Mudik Aman dan Sehat

Setiap pemberian vaksin mulai dari dosis 1, dosis 2, dan dosis penguat, kata dia, agar aturan terkait dengan perjalanan mudik menggunakan moda transportasi udara, darat, dan laut.

"Beda kalau pulang yang dulu dengan sekarang, karena perjalanan jauh itu mempunyai efek jenuh, berhenti ketika kelelahan atau kecapaian. Intinya pergi, pulang aman, pergi sehat insyaallah kembali juga sehat," kata dia.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman bersama pihak terkait juga telah melakukan rapat terkait dengan Operasi Ketupat, khususnya dalam menekan angka kasus kriminal dan kecelakaan di masa mudik, termasuk dalam mengedukasi masyarakat mengenai protokol kesehatan saat mudik.

"Karena ini ​e​​uforia baru mau mudik, malah kita harus edukasi dan sosialisasi lebih ketat masalah prokes berlalu lintas," ujarnya.

Baca juga: Tips memilih masker agar mudik aman dan sehat
Baca juga: Mudik aman dan sehat dengan PeduliLindungi
Baca juga: Polri: Operasi Ketupat upaya ciptakan mudik sehat, aman, dan lancar

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022