Jakarta (ANTARA) - Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Firman Shantyabudi, melepas keberangkatan 26 bus yang memuat 1.041 pemudik melalui program ‘Mudik Gratis Polri 2022’ dari Parkir Timur Senayan, Jakarta Pusat, Selasa.

“Program mudik gratis ini diadakan sebagai bakti Polri terhadap masyarakat,” kata dia.

Ia menyebutkan, mereka menyediakan 400 unit kendaraan bus dalam program mudik gratis tahun ini dengan waktu keberangkatan Senin (25/4), Selasa (26/4), dan Jumat (29/4). Program mudik gratis Polri ini memfasilitasi masyarakat mudik ke sejumlah daerah di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Baca juga: Masyarakat antusias ikut mudik gratis dengan kapal laut

Menurut dia, selain sebagai bentuk bakti polisi kepada masyarakat, program mudik gratis Polri ini untuk membantu masyarakat yang ingin mudik dengan minim biaya, sekaligus mencegah kepadatan arus lalu lintas.

Survei Kementerian Perhubungan memprediksi ada 85.000.000 orang melakukan mudik, di mana 23.000.000 menggunakan mobil dan 17.000.000 menggunakan sepeda motor.

Baca juga: Polda Metro kembali berangkatkan 1.041 pemudik pada Mudik Gratis Polri

“Polri juga ingin berpartisipasi dalam kelancaran arus lalu-lintas. Maka mudik gratis Polri bisa digunakan masyarakat, dari pada bermacet-macet dengan kendaraan roda dua dan berbahaya,” kata dia.

Selain menyediakan mudik gratis, polisi juga menyiapkan rekayasa lalu-lintas berupa pemberlakuan sistem satu arah, ganjil-genap dan lawan arus di jalan raya guna mencegah terjadi kemacetan arus lalu lintas di puncak mudik yang diprediksi pada 28-30 April 2022.

Baca juga: Mudik gratis, Pemprov DKI berangkatkan 630 sepeda motor

Untuk mencegah kemacetan di jalan raya, polisi mengimbau masyarakat untuk menggunakan moda transportasi umum, di antaranya kereta api, pesawat, atau kapal, termasuk program mudik gratis yang diadakan kementerian/lembaga dan swasta.

“Semoga mudik gratis ini bisa dimanfaatkan masyarakat dan yang ikut mudik bisa selamat sampai di kampung halamannya,” kata dia.

Baca juga: PT Pelni berangkatkan kapal mudik gratis dari Pelabuhan Tanjung Priok

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022