Bekasi (ANTARA) - Kepala Unit Pengaturan Penjagaan Pengawalan Patroli (Rajawali) Polres Metro Bekasi Kota  AKP Ganda Siburian mengatakan Pospam Kalimalang telah menyiapkan langkah antisipasi menghadapi lonjakan arus mudik yang diperkirakan pada tanggal 28 April atau H-4 Lebaran 2022.

“Saat ini (H-5 Lebaran 2022) memang ada peningkatan jumlah kendaraan, namun itu terhitung mulai hari Sabtu (23/4) sampai Rabu (27/4) intensitas meningkat,” kata Ganda di Pospam Kalimalang, Bekasi, Rabu.

Dia mengatakan berdasarkan pantauan pospam di depan Mega Bekasi Hyper Mall, Bekasi, kendaraan dari arah Kalimalang (Jalan KH. Noer Ali) menuju Jalan Mayor Madmuin Hasibuan tidak bisa langsung lurus namun harus belok ke Jalan Ahmad Yani.

Baca juga: Aktivitas penumpang mudik lebaran di Bandara Pattimura meningkat

Sementara itu, menurut dia, kendaraan yang menuju arah Kalimalang harus melewati Jalan KH. Noer Ali.

“Nanti ketika ada peningkatan signifikan, maka kendaraan dari Kalimalang diarahkan untuk lurus (ke Jalan Mayor Madmuin Hasibuan), tidak ke belok kiri,” ujarnya.

Dia mengatakan saat ini Pospam Kalimalang telah menyiagakan personel gabung yang terdiri atas 26 personel Polri dan 15 personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Baca juga: Pemudik manfaatkan vaksinasi dosis ketiga di Pelabuhan Tanjung Priok
Baca juga: Arus mudik di Pelabuhan Tanjung Priok pada H-5 dilayani tiga kapal


Menurut dia, untuk mengantisipasi puncak arus mudik, tidak ada rencana penambahan jumlah personei di Pospam Kalimalang.

“Di seluruh wilayah Bekasi ada 30 titik pengaturan. Artinya tidak hanya di Pospam Kalimalang yang mengendalikan kemacetan, masing-masing titik ditempatkan sejumlah personel kepolisian,” katanya.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022