Kendari (ANTARA) - Sebanyak dua narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas III Kendari, Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara berhasil menyelesaikan hafalan 30 juz Al Quran selama Ramadhan 1443 Hijriah.

"Kami telah memberikan piagam penghargaan dan pemakaian selempang untuk dua orang warga binaan sebagai peserta wisudawati karena telah menyelesaikan Hafalan 30 Juz," kata Kepala LPP Kendari Andi Wirdani Irawati di Kendari, Jumat.

Selain dua narapidana selesaikan hafalan 30 juz. Wirdani mengungkapkan sebanyak 22 orang warga binaan berhasil menyelesaikan khatam Al Quran selama Ramadhan 1443 Hijriah.

Baca juga: 100 napi Lapas Semarang ikuti pesantren kilat Ramadhan

Dia mengungkapkan puluhan warga binaan yang menamatkan membaca Al Quran setelah mengikuti pembinaan keagamaan atau kerohanian yang dilaksanakan selama bulan suci Ramadhan 2022.

Wirdani menyampaikan bahwa selama bulan Ramadhan, kegiatan rutin warga binaan adalah membaca dan menghafal Al Quran juga shalat taraweh berjamaah dan kegiatan taklim setiap Hari Jumat.

Pembinaan keagamaan yang dilaksanakan Lapas Perempuan Kelas III Kendari bekerjasama dengan Yayasan Nirunabi dengan menggelar kegiatan Wisudah Tahfidz dan Khatam Al Quran bagi warga binaan.

Kegiatan yang dimulai dengan Tasmi’ Hafalan Surah Ad Dhuha dan An-Nas yang dilanjutkan dengan pembacaan nama-nama warga binaan yang telah mengkhatamkan Al Quran di bulan Ramadhan.

Baca juga: Napi Lapas Cikarang khatam Alquran setiap malam selama Ramadhan

“Semoga dengan adanya kegiatan pembinaan keagamaan yang diberikan oleh Lapas selama bulan Ramadhan ini dapat menjadi momentum bagi warga binaan untuk terus menjadi lebih baik,” harap Wirdani.

Fatmawati salah satu warga binaan mengaku sangat antusias, dan bersyukur bisa mendapatkan kegiatan pembinaan yang dilaksanakan di Lapas Perempuan Kendari.

"Dengan umur saya yang sudah tidak mudah lagi, tetapi dengan kesabaran dan ketekunan petugas LPP dan pengajar dari Nirunabi, saya bisa menjadi salah satu peserta wisudawati tahfidz Qur’an juz 30,” kata Fatmawati.

Baca juga: Lapas Pariaman intensifkan program keagamaan selama Ramadhan

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022