Volume penumpang datang tertinggi terjadi pada 5-9 Mei dimana pada kurun tanggal tersebut rata-rata per hari terdapat sekitar 40 ribu penumpang yang datang di area Daop I Jakarta
Jakarta (ANTARA) - PT KAI (Persero) mencatat sebanyak 38.800 penumpang kereta api (KA) akan tiba di Daerah Operasi (Daop) I Jakarta pada H+7 Lebaran atau Selasa ini.

“Tujuan Daop I Jakarta saat ini sudah mulai terdapat peningkatan, secara total untuk hari ini terdapat sekitar 38.800 penumpang yang akan turun di Area Daop I Jakarta,” kata Kepala Humas PT KAI Daop I Jakarta Eva Chairunisa ketika dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Eva merinci sebanyak 13.500 penumpang turun di Stasiun Gambir, 15.300 di Pasar Senen, 3.600 di Jatinegara, 3.700 di Bekasi dan sisanya merupakan penumpang turun di stasiun lain seperti Jakarta Kota, Cikarang, Karawang dan Cikampek.

Kedatangan penumpang di Daop I Jakarta pada hari ini sedikit menurun jika dibandingkan hari sebelumnya yakni pada Senin (9/5) yang mencapai 40.800 penumpang.

Hal tersebut dikarenakan puncak arus balik pemudik yang menggunakan kereta api terjadi pada 5-9 Mei dengan rata-rata jumlah penumpang berkisar 40 ribu penumpang.

“Volume penumpang datang tertinggi terjadi pada 5-9 Mei dimana pada kurun tanggal tersebut rata-rata per hari terdapat sekitar 40 ribu penumpang yang datang di area Daop I Jakarta,” ujar Eva.

Lebih lanjut Eva menyampaikan bahwa Daop I Jakarta memastikan seluruh penumpang yang turun telah memenuhi persyaratan perjalanan karena telah dilakukan pemeriksaan di stasiun awal keberangkatan.

Ia juga mengimbau agar penumpang tidak perlu terburu-buru saat turun dari kereta. Selain juga memastikan agar seluruh barang bawaan yang ada di area tempat duduk dan tak bagasi tidak tertinggal.

Namun jika nantinya penumpang merasa barang bawaannya tertinggal, bisa melaporkan kepada petugas keamanan karena barang yang tertinggal akan dimasukkan ke dalam pendataan lost and found.

Petugas keamanan akan melakukan verifikasi kepada pemilik barang tersebut agar mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: INKA dan KAI Commuter tanda tangani kerja sama pengadaan KRL
Baca juga: Sebanyak 36 penumpang KA dilarang berangkat selama angkutan Lebaran
Baca juga: KAI Surabaya catatkan 256.528 penumpang KA pada angkutan Lebaran 2022


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022