masyarakat mau lebaran juga mendapat harga sembako yang murah
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Kementerian Perdagangan bersama pemangku kepentingan (stakeholders) lain menggelar pasar murah di Apartemen Kalibata City dan Kantor Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Pasar murah  bertujuan agar masyarakat bisa mendapatkan harga yang terjangkau di bulan suci Ramadhan 2023.

"Tadi di sini ada gula, ada tepung terigu, ada beras, dan juga ada UMKM yang ikut berpartisipasi dalam pasar murah," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah DKI Jakarta Elizabeth Ratu Rante Allo di Pasar Murah di Area Sanken Tower Kemunging-Flamboyan, Apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan, Selasa.

Elisabeth memastikan kegiatan pasar murah itu terus digelar menyasar tempat-tempat lain sebagai bentuk intervensi harga kebutuhan pokok selama bulan Ramadhan hingga Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Tempatnya berbeda-beda setiap hari, termasuk pada Rabu (5/4) di Gelanggang Olah Raga Cengkareng Jakarta Barat dan Kantor Kecamatan Jatinegara Jakarta Timur," kata Elizabeth.
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kiri) dan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah DKI Jakarta Elizabeth Ratu Rante Allo (kanan) didampingi presenter Surya Utama alias Uya Kuya di Apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan, Selasa (4/4/2023). ANTARA/Abdu Faisal


Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan merespons positif kegiatan pasar murah di DKI Jakarta itu karena membuat masyarakat terbantu dalam memperoleh kebutuhan pokok sehari-hari dengan harga terjangkau.

"Persiapan lebaran dapat gula harga yang ditentukan Rp13 ribu terus Rp13.500, minyak (goreng) Rp14.000 dijual Rp13.500. Terigu Rp30 ribu per kilogram, dijual cuma Rp20 ribu. Di sini ada juga tuh makanan-makanan untuk berbuka puasa dari UMKM yang dibina oleh pemerintah biar berkembang, masyarakat mau lebaran juga mendapat harga sembako yang murah," kata Zulkifli Hasan.

Zulkifli mengatakan intervensi harga yang dilakukan bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan sejumlah stakeholders lainnya itu bertujuan mengendalikan pasokan dan harga pangan selama Hari Besar Keagamaan seperti Ramadhan dan Idul Fitri 1444 Hijriah.

Dalam kesempatan itu, Mendag ikut membeli barang-barang yang dijual di pasar murah tersebut seperti minyak goreng dan bubuk kopi, untuk dibagi-bagikan oleh presenter Surya Utama alias Uya Kuya kepada para ibu-ibu penghuni rumah susun apartemen Kalibata City.

Tak kurang dari 20 stan UMKM disambangi oleh Mendag dalam kunjungan kerjanya untuk meninjau pasar murah tersebut.
Baca juga: Pemprov DKI tekan harga pangan melalui pasar murah di Jakut
Baca juga: Pemkot Jakbar dan Pasar Jaya gelar bazar pangan di seluruh kecamatan
Baca juga: Pasar Keliling angkat UMKM lokal di Pasar Ramadhan Pos Bloc

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023