Pasar sembako murah ini sesuai arahan Kementerian BUMN untuk menebar manfaat pada Ramadhan 1444 H, sekaligus meningkatkan realisasi program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) bagi masyarakat...
Jakarta (ANTARA) - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) menyalurkan 1.000 paket sembako dalam pasar sembako murah bagi warga Bontang, Kalimantan Timur, sebagai bagian dari program Safari Ramadhan BUMN 2023.

"Pasar sembako murah ini sesuai arahan Kementerian BUMN untuk menebar manfaat pada Ramadhan 1444 H, sekaligus meningkatkan realisasi program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) bagi masyarakat. Kegiatan ini berlangsung bertahap mulai awal Ramadhan di sejumlah wilayah Indonesia, melibatkan berbagai perusahaan BUMN," ujar VP Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pupuk Kaltim Sugeng Suedi dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Pupuk Kaltim sebagai bagian dari BUMN Pupuk Indonesia pun diamanahkan berkontribusi pada program ini, dengan fokus utama di Kota Bontang sebagai kawasan operasional perusahaan. Untuk mengakses paket sembako murah, masyarakat hanya diminta menunjukkan fotocopy KTP sebagai bukti kependudukan di Kota Bontang.

"Tiap paket sembako murah berisi beras, gula dan minyak goreng yang bisa di dapatkan dengan harga Rp55.000 dari harga normal Rp120.000. Hal ini bentuk manfaat kehadiran BUMN bagi masyarakat, sekaligus berbagi berkah pada Ramadhan 1444 H," kata Sugeng.

Kegiatan pasar sembako murah ini juga dirangkai Bazaar UMKM untuk memfasilitasi pelaku usaha kecil mitra binaan perusahaan, yang menghadirkan beragam menu berbuka puasa.

Bazaar UMKM tak hanya memfasilitasi mitra binaan Pupuk Kaltim, tapi juga para pelaku usaha kecil lainnya di Kota Bontang. Hal ini merupakan salah satu fokus utama TJSL Perusahaan terkait pengembangan UMKM lokal, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Bazaar UMKM ini juga program rutin yang digelar Pupuk Kaltim setiap tahun, sehingga pelaku usaha kecil bisa mendapatkan penghasilan tambahan selama Ramadan, disamping memudahkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan makanan berbuka puasa.

"Melalui program ini Pupuk Kaltim berkomitmen untuk terus menebar manfaat bagi masyarakat, sesuai arahan Kementerian BUMN terkait realisasi TJSL Perusahaan. Selain juga wujud implementasi UU Nomor 19 Tahun 2003, tentang tugas BUMN sebagai agen pembangunan," kata Sugeng.

Kegiatan ini menunjukkan komitmen tinggi Pupuk Kaltim sebagai perusahaan BUMN di Kota Bontang, dengan terus berperan dan menebar manfaat secara berkesinambungan.

Terlebih dengan melonjaknya harga sejumlah bahan pokok di pasaran beberapa waktu terakhir, turut berpengaruh terhadap daya beli masyarakat. Sehingga dengan program ini, Pupuk Kaltim turut membantu Pemerintah memenuhi kebutuhan utama masyarakat, khususnya dari keluarga kurang mampu.

Baca juga: PKT Proaktif berbagi 3.000 paket sembako bagi warga Bontang

Baca juga: Pupuk Kaltim taman 1.000 pohon untuk jqaga ketersediaan air tanah

Baca juga: Pupuk Kaltim salurkan bantuan Rp1,05 miliar bagi warga Bontang

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023