Jakarta (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) menyiapkan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang beroperasi dengan total panjang 597 kilometer(km) untuk arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

"Hutama Karya sudah meluncurkan (kick off) untuk persiapan mudik, khususnya di Jalan Tol Trans Sumatera. Kita menyiapkan ruas-ruas tol yang beroperasi dengan total panjang 597 km," ujar Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo di Jakarta, Senin.

Tjahjo mengatakan, adapun ruas-ruas tol Trans Sumatera yang telah beroperasi antara lain Sigli - Banda Aceh Seksi 2,3 dan 4, Pekanbaru - Bangkinang, Bengkulu - Taba Penanjung, Binjai - Langsa Seksi 1, Medan - Binjai, Pekanbaru - Dumai, Palembang - Indralaya, Terbanggi Besar - Kayu Agung, dan Bakauheni - Terbanggi Besar.

Sesuai dengan program SETUJU atau Selamat Sampai Tujuan, dan diharapkan menambah kenyamanan pemudik khususnya dari Jakarta melakukan perjalanan mudik ke Sumatera dengan melintasi ruas Tol Bakauheni sampai dengan menuju ruas-ruas tol yang sudah diselesaikan.

"Kami bekerja sama dengan kepolisian, Kementerian Perhubungan, serta instansi-instansi lain yang terkait untuk mendukung mudik Lebaran ini. Maka dari itu pada saat peluncuran kesiapan mudik, kita menyatakan kesiapan. Koordinasi ditingkatkan, kemudian kesiapan peralatan, kamera CCTV, komunikasi, dan sebagainya menjadi hal yang diperhatikan," katanya.

Dia menambahkan, persiapan antisipasi peningkatan arus lalu lintas mudik terdiri tiga hal yakni persiapan di gerbang tol, kemudian di jalur tol, dan terakhir di tempat istirahat serta pelayanan.

Terkait tempat istirahat dan pelayanan atau rest area, Hutama Karya telah menyiapkan 21 rest area dan empat rest area sementara. Hutama Karya juga menyiagakan 347 unit mobil derek, 113 unit Variable Message Sign (VMS) dan 1.137 unit kamera CCTV.

Untuk layanan transaksi, Hutama Karya menyiapkan 35 titik lokasi top up tunai, 52 unit mobile reader dan 265 unit gardu operasi. Hutama Karya juga menyiagakan sebanyak 3.132 petugas layanan operasi tol untuk mendukung kesiapan Lebaran 2023.

Hutama Karya memperkirakan arus lalu lintas kendaraan sebanyak 2,89 juta kendaraan akan melintasi Tol Trans Sumatera pada Lebaran tahun ini. Sebelumnya pada Lebaran 2022 lalu, arus lalu lintas kendaraan yang melintasi Tol Trans Sumatera sebanyak 2,88 juta kendaraan.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023