Ruas fungsional dapat dilalui oleh pemudik pada 15-30 April 2023 pukul 07.00-17.00 WIB dengan kecepatan maksimal 80 kilometer per jam
Banda Aceh (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) mengatakan seksi 5 dan 6 ruas tol Sigli - Banda Aceh (Sibanceh), Sabtu (15/4), mulai dibuka secara fungsional untuk melayani pemudik Idul Fitri 1444 Hijriah, tanpa dikenakan tarif atau gratis.

"Ruas fungsional dapat dilalui oleh pemudik pada 15-30 April 2023 pukul 07.00-17.00 WIB dengan kecepatan maksimal 80 kilometer per jam," kata Kepala Cabang Tol Sibanceh Hutama Karya Totok Masyadi di Aceh Besar, Jumat.

Totok menjelaskan dalam menghadapi arus mudik Lebaran, pihaknya memastikan ruas tol Sigli – Banda Aceh seksi 2, 3, dan 4 (Seulimeum – Blang Bintang) yang merupakan ruas sudah beroperasi bisa dilalui sepanjang 35,8 kilometer.

Sementara, seksi 5 dan 6 (Blang Bintang – Baitussalam) ruas fungsional sepanjang 12,7 kilometer juga telah siap untuk dilintasi selama periode arus pemudik dan balik Lebaran tersebut.

Menurut Totok, ruas fungsional Blang Bintang – Baitussalam tersebut belum dikenakan tarif alias gratis, akan tetapi pengguna jalan tetap menggunakan kartu e-tol.

"Pengenaan tarif hanya pada ruas operasi di seksi 2,3 dan 4 yaitu Seulimeum – Blang Bintang," ujarnya.

Ia menambahkan, Hutama Karya telah siaga dalam persiapan berbagai aspek yang ada di jalan tol mulai dari peningkatan kualitas jalan tol, keamanan, operasional, transaksi maupun strategi anti-macet saat akan terjadi lonjakan kepadatan yang signifikan.

"Sehingga pemudik tidak perlu khawatir untuk memilih jalan tol ruas Sigli – Banda Aceh sebagai alternatif jalur mudik," ujarnya.

Baca juga: Hutama Karya prediksi puncak arus mudik Tol Sigli-Banda Aceh 19 April

Baca juga: Dua seksi tol Sibanceh fungsional untuk kelancaran mudik lebaran

Baca juga: Hutama Karya pastikan tiga seksi Tol Sibanceh beroperasi saat Lebaran

Baca juga: Menjaga hak satwa di tengah tol Aceh yang membelah hutan

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023