diberlakukan untuk pengguna tol yang mudik pada 16 - 18 April dan yang akan balik pada 26 - 28 April 2023
Jakarta (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) memberlakukan diskon tarif tol sebesar 20 persen untuk sejumlah ruas tol Trans Sumatera dalam rangka mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2023.

"Untuk ruas-ruas di Hutama Karya kami juga melakukan diskon tarif tol," ujar EVP Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa.

Dwi Aryono mengatakan ruas-ruas tol yang diberlakukan diskon tarif yakni ruas Tol Bakauheni - Terbanggi Besar dan Terbanggi Besar - Kayu Agung.

"Kami berlakukan hanya untuk di tiga Gerbang Tol yakni Gerbang Tol Bakauheni Selatan, Gerbang Tol Kayu Agung dan Gerbang Tol Kayu Agung Utama," katanya.

Diskon tarif tol tersebut diberlakukan untuk tarif tol terjauh.

Baca juga: Hutama Karya siapkan 597 km JTTS yang beroperasi untuk Lebaran 2023

Baca juga: Hutama Karya siapkan 85 km ruas Tol Trans Sumatera fungsional Lebaran


"Diskon tarif tol tersebut diberlakukan untuk pengguna tol yang mudik pada 16 - 18 April dan yang akan balik pada 26 - 28 April 2023," ujar Dwi Aryono.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimujono mengajak Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk ikut memberikan potongan harga (diskon) jalan tol saat mudik dan balik Lebaran 2023.

Basuki menyebutkan, pihaknya baru menerima usulan dari Asosiasi Tol Indonesia (ATI) untuk memberikan diskon sebesar 20 persen di ruas Tol Jakarta Cikampek.

Pemberian diskon tol pada saat mudik ini bertujuan mengurai kemacetan dengan menyebar konsentrasi masyarakat agar menyiapkan perjalanan mudik tidak serentak atau menumpuk pada H-3 maupun H+4 arus balik.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebagai salah satu Badan Usaha Jalan Tol telah mengumumkan pemberlakuan diskon sebesar 20 persen untuk tarif terjauh Jalan Tol Jakarta-Cikampek dalam rangka memaksimalkan distribusi lalu lintas pada arus mudik dan balik Lebaran 2023.

Baca juga: Jalan tol Trans Sumatera kelolaan Hutama Karya siap digunakan pemudik

Baca juga: HK: Gerbang Tol Bakauheni Selatan titik utama penanganan arus mudik

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023