Jakarta (ANTARA) - Mudik ke kampung halaman khususnya menjelang Lebaran terkadang menimbulkan kegundahan bagi sebagian calon pemudik khususnya keamanan rumah saat ditinggal mudik.

Berikut kiat dari Pegipegi melalui keterangan persnya, Rabu (12/4), guna membantu menjaga rumah tetap aman selama ditinggal mudik:

Baca juga: Tiga hal penting untuk diketahui jika mudik dengan kendaraan pribadi

1. Pastikan mengunci semua pintu dan jendela rumah
Mengunci pintu dan jendela adalah hal yang paling penting dilakukan saat akan meninggalkan rumah. Pintu dan jendela biasanya menjadi jalan utama yang paling memungkinkan masuknya pencuri. Jadi, pastikan tidak lupa mengunci semua pintu dan jendela rumah.

Selain itu, jangan meninggalkan kunci di bawah pot, keset, atau tempat lainnya karena kunci yang ditinggalkan di tempat-tempat seperti itu sangat mudah ditemukan oleh pencuri.

2. Cabut semua colokan listrik atau gas
Korsleting listrik sering kali menjadi penyebab terjadinya kebakaran di rumah. Sebelum pergi mudik, periksa dan matikan semua perangkat elektronik yang ada di rumah. Setelah itu, cabut semua colokan yang masih terpasang di stopkontak serta cabut selang gas yang masih terpasang untuk menghindari kebakaran.

3. Simpan semua barang berharga di tempat yang terkunci
Bagi mereka yang akan pergi meninggalkan rumah dalam waktu yang lama, sebaiknya simpan semua barang-barang berharga, seperti perhiasan, surat-surat yang penting atau uang di tempat yang memiliki kunci, seperti laci kecil dalam lemari atau safety box. Lalu bawa kunci tersebut agar tidak ada yang bisa membukanya.

4. Tutup semua lubang pembuangan
Menjaga kebersihan rumah juga merupakan hal penting saat pergi mudik. Hal ini untuk menghindari masuknya hewan-hewan seperti kecoa, tikus, semut dan lain sebagainya.

Mereka yang akan mudik perlu membersihkan seluruh ruangan di rumah dan menutup lubang-lubang pembuangan sebelum pergi. Jangan lupa buang semua sampah yang ada di rumah supaya tidak timbul bau busuk.

Baca juga: Aerobik bantu kebugaran saat mudik hingga drakor baru di April 2023

Baca juga: Mudik jarak jauh disarankan tidak gunakan kendaraan listrik

Baca juga: Daftar alat elektronik untuk permudah persiapan Lebaran tanpa ART

 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2023