Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan beragam fasilitas pendukung di Stasiun Gambir, Jakarta, guna memberi kenyamanan bagi para penumpang pada masa angkutan Lebaran 2023.

Beberapa fasilitas yang disediakan di antaranya adalah gerbang check-in tambahan di pintu utara untuk menghindari penumpukan penumpang yang biasanya masuk ke peron dari pintu selatan atau pintu keberangkatan.

Selain itu, terdapat water station yang menyediakan air bersih siap minum gratis bagi para penumpang.

Sejumlah tempat pengisian air minum tersebut tersebar di sejumlah titik di ruang tunggu Stasiun Gambir.

Mengingat vaksin COVID-19 masih merupakan syarat wajib bagi penumpang kereta api, maka PT KAI juga menyediakan posko kesehatan yang melayani vaksinasi bagi pemudik di Stasiun Gambir.

Kenyamanan para pemudik perempuan juga menjadi salah satu perhatian di Stasiun Gambir dengan ketersediaan mushola khusus perempuan dan ruang laktasi.

Disediakan juga lift khusus dan ruang tunggu khusus yang menyediakan camilan dan minuman gratis bagi para penumpang kereta api panoramic dan luxury.

"DAOP 1 Jakarta juga melakukan penambahan petugas pelayanan, pengamanan, untuk memastikan angkutan Lebaran berjalan aman dan lancar," kata Kepala Humas KAI DAOP 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangannya, Minggu.

Pada masa Angkutan Lebaran 2023, PT KAI Daops 1 Jakarta menyiapkan hingga 1 juta tiket KA jarak jauh, dengan total 1.513 perjalanan KA untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen selama periode 12 April hingga 3 Mei.

Jumlah tersebut sudah termasuk 303 perjalanan kereta api tambahan untuk beberapa kota tujuan seperti Yogyakarta, Semarang, Solo, Blitar, Surabaya dan Malang.

Baca juga: Pemudik padati Stasiun Gambir sepekan jelang Lebaran
Baca juga: Puncak arus mudik di Stasiun Gambir, Pasar Senen diperkirakan 21 April
Baca juga: Pemudik kereta api diimbau perhatikan aturan vaksin terbaru

 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023