Samarinda (ANTARA) - Masjid Darul Hannan Samarinda menyajikan program menarik bagi jamaah yang melaksanakan Shalat Tarawih selama bulan suci Ramadhan yang memberikan kesempatan untuk memenangkan berbagai hadiah, termasuk paket umrah dan sepeda motor.

"Tradisi memberikan hadiah ini telah berlangsung selama hampir 14 tahun untuk membangun semangat umat Islam di sekitar memakmurkan masjid," ungkap Ketua Masjid Darul Hannan, Hajah Arbani saat ditemui di masjid yang berlokasi di Jalan M. Yamin, Kelurahan Gunung Kelua, Samarinda, Sabtu.

Menurutnya, masjid ini memang dirancang untuk menjadi pusat kegiatan keagamaan yang menginspirasi kebersamaan dan kebaikan.

"Kami ingin mendorong masyarakat untuk lebih giat dalam ibadah, dan bagi kami ini cara yang lebih baik untuk memberikan apresiasi melalui hadiah-hadiah yang bermanfaat," ujar Arbani.

Baca juga: Wapres Ma'ruf shalat Tarawih di Masjid Besar Al Uswah Tanjungpinang

Baca juga: Umat Islam Desa Adat Tuban di Bali Shalat Tarawih terbatas saat Nyepi


Disampaikannya, masjid ini telah menyiapkan ribuan kupon yang akan dibagikan setiap hari kepada jamaah yang hadir. "Setiap hari, kami menyediakan sekitar 1.300 kupon, dengan total keseluruhan mencapai 30 ribu kupon selama Ramadhan," tambahnya.

Paket umrah dan unit sepeda motor memang menjadi hadiah utama yang disiapkan, di samping hadiah uang tunai dan hiburan lainnya yang juga tak kalah menarik. Kupon-kupon tersebut dibagikan setelah shalat isya dan diikuti dengan kuliah tujuh menit (kultum).

"Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi motivasi tambahan bagi jamaah untuk terus konsisten dalam melaksanakan Shalat Tarawih," tutur Arbani.

Program ini terbuka untuk seluruh masyarakat Samarinda yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan keagamaan di Masjid Darul Hannan dan berkesempatan memenangkan hadiah-hadiah yang telah disiapkan.

"Pada malam ke-10 Ramadhan, hadiah yang disediakan berupa uang tunai. Hal serupa juga akan diberikan pada malam ke-20. Sementara itu, pada malam ke-29, jamaah berkesempatan memenangkan sepeda motor dan paket umrah," ujar Arbani.

Ia melanjutkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat Samarinda lebih giat dalam beribadah, khususnya salat tarawih yang selama ini sudah ramai dihadiri.

"Kami bersyukur karena Shalat Tarawih di masjid ini selalu penuh. Kami berharap, dengan adanya program ini, jamaah tidak hanya tergerak untuk hadir karena hadiah, tetapi juga untuk meningkatkan kualitas shalat mereka," tutur Arbani.

Pengurus Masjid Darul Hannan berharap kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi masyarakat untuk lebih bersemangat ibadah, terutama di bulan yang penuh berkah ini.*

Baca juga: Wapres Shalat Tarawih perdana bersama keluarga

Baca juga: Banjir Kapuas Hulu, warga Teluk Barak gunakan perahu shalat tarawih

Pewarta: Ahmad Rifandi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024