Satu yang prioritas, viaduk harus rampung dalam tiga minggu biar tidak mempersulit warga atau pemudik.
Solo (ANTARA) - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka memastikan kesiapan sejumlah infrastruktur di Kota Solo, Jawa Tengah jelang mudik Lebaran 2024.

"Satu yang prioritas, viaduk harus rampung dalam tiga minggu biar tidak mempersulit warga atau pemudik," kata Gibran, di Solo, Kamis.

Ia mengatakan saat ini Viaduk Gilingan masih ditutup mulai tanggal 15 Maret-3 April 2024. Dipastikan pada H-7 Lebaran akses tersebut sudah kembali dibuka untuk umum.

Penutupan dilakukan menyusul pembongkaran rel lama. Saat ini sudah dibangun rel baru yang sudah dapat dilalui kereta api, dengan demikian rel yang lama sudah bisa dibongkar.

Infrastruktur lain yang saat ini masih dalam tahap uji coba yakni Taman Balekambang.

"Ini masih trial, karena memang belum serah terima dengan Kementerian PUPR. Kami nunggu dari PUPR juga. Intinya kami siap, kalau trial akan kami coba terus untuk para EO," katanya lagi.

Sementara itu, ia berharap musim Lebaran kali ini memberikan dampak baik bagi perekonomian Kota Solo.

"Karena libur lama, semoga membawa dampak ekonomi bagi Kota Solo dan semua yang melakukan perjalanan mudik bisa dilancarkan," katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Kota Surakarta Taufiq Muhammad mengatakan dengan pembongkaran rel lama maka ketinggian Viaduk Gilingan bisa menjadi 4,2 meter dengan lebar 11 meter.

"Bus besar bisa lewat situ," katanya pula.

Viaduk Gilingan juga menjadi akses utama pengunjung menuju Masjid Sheikh Zayed Solo.
Baca juga: Arus kendaraan di Tol Solo-Yogya padat namun lancar jelang Lebaran ini
Baca juga: Mudik Natal, 55 ribu kendaraan lewati jalur fungsional Tol Jogja-Solo

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024