Program mudik gratis ini sangat membantu mahasiswa perantauan, karena dengan harga tiket yang melonjak seperti saat ini dari Yogyakarta hingga ke Belitung membutuhkan biaya tinggi
Pangkalpinang (ANTARA) - Ratusan orang mahasiswa perantauan asal Provinsi Kepulauan Bangka Belitung antusias mengikuti "Program Mudik Asyik Bersama BUMN 2024" yang difasilitasi PT Timah Tbk untuk membantu pelajar dan masyarakat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah di kampung halamannya.

"Saat ini kuota mudik gratis bersama PT Timah sudah terpenuhi," kata Ketua Ikatan Keluarga Pelajar Belitong Cabang Yogyakarta Firmansa dalam keterangan pers yang diterima di Pangkalpinang, Bangka Belitung, Jumat.

Ia mengatakan pada tahun ini, PT Timah menyediakan kuota mudik gratis sebanyak 700 peserta dengan tujuan Pulau Bangka yaitu Pangkalpinang, Muntok, Toboali, Belinyu sebanyak 375 orang, Pulau Belitung 235 orang dan Kepulauan Riau 50 orang.

"Antusias mahasiswa cukup tinggi, kuota kita sudah terpenuhi. Bahkan dari sebelum puasa sudah banyak yang tanya ada enggak mudik gratis dari PT Timah karena memang ini selalu ditunggu-tunggu," katanya.

Baca juga: Dirut Jasa Raharja: Mudik gratis BUMN untuk bus baru terisi 30 persen
Baca juga: Pelni adakan Mudik Asyik bersama BUMN 2024


Menurut dia, program mudik gratis ini sangat membantu mahasiswa perantauan, karena dengan harga tiket yang melonjak seperti saat ini dari Yogyakarta hingga ke Belitung membutuhkan biaya tinggi.

"Untuk yang Yogyakarta ini kan memang mencakup beberapa wilayah seperti Semarang dan Solo. Kami berharap tahun depan, kuotanya bisa bertambah karena memang antusias mahasiswa cukup tinggi," ujarnya.

Ia mengatakan para mahasiswa yang mengikuti Program Mudik Asyik Bersama BUMN tahun ini akan diberangkatkan dari Yogyakarta pada 3 April 2024 menuju Pelabuhan Tanjung Priok yang kemudian akan melanjutkan perjalanan ke Pulau Belitung.

"Tahun lalu IKPB Yogyakarta juga dilibatkan untuk mudik gratis dari PT Timah, karena program ini sangat membantu untuk mahasiswa perantauan," katanya.

Ketua ISBA Palembang, Sumatera Selatan Leo mengatakan program mudik sangat disambut antusias oleh mahasiswa.

"Sangat terbantu dengan adanya mudik gratis ini walaupun dengan kuota terbatas dan mudik gratis ini sangat dinantikan. Kuota kita sudah terpenuhi," katanya.

Ia berharap program mudik ini dapat terus berlanjut setiap tahunnya sehingga bisa membantu mahasiswa yang ada di perantauan.

"Semoga program ini dapat dijalankan setiap tahunnya, terimakasih juga kepada PT Timah yang telah mengadakan mudik gratis, semoga jaya selalu," katanya.

Baca juga: PT Timah siapkan 700 kuota mudik gratis ke Babel dan Kepri
Baca juga: InJourney sediakan 2.088 tiket gratis dukung mudik bersama BUMN

Pewarta: Aprionis
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024