Jakarta (ANTARA) - Menyambut Hari Raya Idul Fitri, konsumen Indonesia kian cerdas dalam melakukan persiapan dan perencanaan belanja dengan memanfaatkan berbagai penawaran menarik, salah satunya berbelanja via online dan produk beauty atau kecantikan menjadi kategori yang paling banyak dibeli konsumen.

Sebagian kita pun pasti pernah mendengar istilah “aji mumpung” atau “kaum mumpung mumpung”, yang didefinisikan sebagai kalangan masyarakat yang selalu memaksimalkan berbagai kesempatan menarik. Perilaku ini juga tergambar dari hasil survei yang dilakukan Lazada terhadap 600 responden berusia 19 hingga 35 tahun yang mengungkapkan bahwa sebanyak 95 persen dari responden aktif saat ini gencar mencari info diskon atau promo belanja selama Ramadan, terutama melalui belanja online

Hal ini juga selaras dengan riset perilaku konsumen yang dilakukan Google, dimana sebanyak 93 persen pembelian yang terjadi selama bulan Ramadan telah direncanakan oleh konsumen.

Baca juga: Lazada Ramadan Sale beri diskon hingga 75 persen dan voucher belanja

Produk kecantikan atau beauty merupakan salah satu kategori produk yang paling banyak dibeli oleh konsumen. Konsumen berlomba-lomba untuk tampil cantik pada saat momen-momen di bulan Ramadhan, seperti kumpul bersama teman hingga momen silaturahmi di Hari Raya.

"Momen belanja Ramadan menjadi salah satu momen dengan peningkatan transaksi yang signifikan, dan kami memahami konsumen saat ini semakin terencana dalam berbelanja kebutuhannya di bulan Ramadan. Dari hasil survei yang kami lakukan, lebih dari 80 persen responden mengatakan perencanaan berbelanja kebutuhan Ramadan dilakukan beberapa hingga satu sampai dua minggu sebelum memasuki puasa. Oleh karena itu, Lazada Ramadan Sale kami hadirkan sejak jelang bulan Ramadan dan akan berlangsung selama satu bulan penuh, yaitu dari tanggal 8 Maret hingga 8 April, sehingga bisa membantu konsumen memenuhi kebutuhan mereka di setiap fase dalam menyambut hari raya Idul Fitri," kata Head of Operations Lazada Indonesia Amelia Tediarjo.

Untuk mengantisipasi antusias konsumen dalam belanja produk kecantikan, Lazada menawarkan berbagai produk dan promosi di Ramadan Sale yang dapat dimanfaatkan konsumen untuk belanja produk kecantikan favorit mereka, seperti face wash hingga sun screen.

Berikut salah satu daftar produk kecantikan yang ikut memberikan promo terbaik mereka dan tambahan penawaran menarik, seperti hadiah pembelian langsung dan potongan harga ekstra di Lazada Ramadan Sale:

Wardah, Wardah Sunscreen Gel SPF 35 PA+++, sun screen bertekstur ringan, alcohol free, dan non-comedogenic ini cocok digunakan untuk melindungi kulit pada Hari Raya (diskon hingga 60 persen + voucher tambahan).

Kahf, Kahf Triple Action Oil and Comedo Defense (diskon hingga 55 persen + voucher tambahan). Kahf juga memberikan berbagai hadiah menarik melalui pembelian.

Mulai dari jersey yang bisa dipakai untuk main olahraga sambil ngabuburit, pouch dan waist bag untuk menyimpan berbagai keperluan saat mudik, full product Oil & Acne Care Face Wash untuk membantu tampil menawan saat lebaran, hingga hadiah kejutan yang bisa didapatkan dengan pembelian minimal Rp30-100 ribu saja.

Somethinc, memberikan potongan harga sampai dengan 50 persen dan tambahan voucher potongan, pengguna dapat membeli berbagai produk kecantikan pada toko resmi Somethinc di Lazada.

Baca juga: Lazada catat keunikan baru konsumen dalam penuhi kebutuhan Ramadhan

Selain itu, Somethinc memberikan penawaran free upsize di Lazada, yakni pelanggan bisa mendapatkan Somethinc Cushion full size dengan harga refill, yaitu dari harga normal Rp208 ribu menjadi Rp142 ribu saja. Cushion ini memberikan efek mate, sehingga dapat menahan minyak di wajah seharian yang cocok digunakan untuk berkunjung ke rumah sanak saudara saat lebaran.

Skintific, brand lokal yang memiliki berbagai produk unggulan, mulai dari moisturizer yang dapat merawat dan memperbaiki skin barrier, masker stik yang praktis digunakan dan dibawa kemana-mana, hingga cushion dengan tingkat coverage tinggi yang cocok digunakan untuk buka puasa bersama kerabat dan saudara.

Produk-produk tersebut dapat dibeli dengan memanfaatkan diskon hingga 60 persen dan promo beli satu gratis satu pada produk terpilih.

SK-II, produk perawatan kulit wajah berkualitas tinggi ini memberikan penawaran spesial pada Ramadan Mega Sale di Lazada. Pembelian berbagai produk perawatan kulit bisa mendapatkan hadiah istimewa.

Pelanggan bisa mendapatkan 1 hadiah spesial dengan melakukan pembelian minimal Rp1.28 juta, 6 hadiah spesial dengan pembelian minimal Rp4.1 juta, hingga 10 hadiah spesial dengan pembelian minimal Rp5.4 juta. SK-II menjual produk perawatan kulit, seperti toner, serum, dan pelembab yang dapat memberi efek kulit glowing seketika, cocok digunakan untuk memberikan tampilan terbaik di Hari Raya.

Selain itu, konsumen juga bisa mendapatkan berbagai penawaran spesial khusus bulan Ramadan melalui aplikasi Lazada sekaligus menjadi cara Lazada menemani momen ramadan para konsumen, seperti:

Voucher potongan harga senilai up to 50 persen di LazMall Daily dapat dikumpulkan melalui aplikasi Lazada setiap hari pukul 03:00 pagi WIB atau saat sahur, untuk digunakan dalam pembelian berbagai kebutuhan pokok yang biasanya populer untuk persiapan sahur dan berbuka.

LazFlash dengan penawaran 1 unit mobil dan 6 unit motor seharga hanya Rp1. Tidak hanya memberikan kesempatan untuk memenangkan paket umrah, tetapi juga memungkinkan konsumen untuk membeli motor dan mobil dengan harga Rp1 per unit setiap harinya selama periode promo puncak Ramadan Mega Sale.

Tidak hanya menghadirkan beragam diskon dan voucher bonus, Lazada juga mengadakan seller conference pada tanggal 13 Maret lalu yang dihadiri oleh lebih dari 700 seller.

Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan pengetahuan, strategi, dan meningkatkan kolaborasi, guna memaksimalkan penjualan selama bulan Ramadhan lewat berbagai workshop yang dihadiri oleh trainer ternama, seperti Rika Yeo yang berbagi insight mengenai tips dan trik berjualan yang dapat diaplikasikan oleh seller.

“Seluruh rangkaian ini juga merupakan bentuk komitmen Lazada, tidak hanya kepada para konsumen namun dalam upaya untuk terus memberdayakan brand lokal Indonesia, serta memberikan kesempatan kepada pemilik brand untuk mengoptimalkan momentum Ramadhan guna meningkatkan keuntungan dan pertumbuhan bisnis mereka,” tutup Amelia.

Baca juga: Kumpul 20.000 permata, Lazada bagikan paket umrah di "Ramadhan Sale"

Baca juga: Lazada gandeng pelatih bisnis Rika Yeo untuk optimalkan penjualan toko

Baca juga: Lazada gelar Ramadhan Sale respons perilaku belanja daring saat puasa


Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024