Jakarta (ANTARA) - Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Hariyanto mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah hal guna mempersiapkan destinasi wisata pada libur Lebaran 2024 aman nyaman bagi pengunjung.
 
“Kami memastikan untuk adanya keamanan, kenyamanan dan keselamatan dalam mengunjungi desa wisata, Kemenparekraf sudah menerbitkan surat edaran yang berisi tentang panduan penyelenggaraan wisata yang nyaman dan menyenangkan,” ujar Hariyanto dalam jumpa pers mingguan yang digelar di Jakarta, Senin.
 
Ia menyebut surat edaran itu telah didistribusikan ke sejumlah pihak baik di lingkup pusat maupun daerah yakni kabupaten/kota, termasuk kepada industri dan pelaku usaha termasuk komunitas yang terlibat dalam aktivitas wisata di destinasi-destinasi wisata yang tersebar di berbagai daerah.
 
Pihaknya juga melaporkan bakal terus melakukan pemantauan selama rentang libur Lebaran berlangsung pada 5-15 April 2024.
 
“Kami melakukan pemantauan itu sejak 26 Maret dan akan diintensifkan pada rentang liburan 5-15 April 2024,” ujarnya.
 
Pihaknya bersama stakeholder juga menyiapkan platform sistem pariwisata nasional (sisparwas) yang dapat melaporkan pada komputasi waktu nyata (real time) terutama di destinasi yang memiliki indikasi kuat dipenuhi pengunjung, misalnya saja di destinasi di kawasan unggulan Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur.

Baca juga: BPS catat wisman ke Indonesia capai 1,03 juta kunjungan pada Februari
 
Sementara soal mitigasi di kawasan wisata, Kemenparekraf telah memiliki regulasi yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor 10 Tahun 2019 tentang manajemen krisis kepariwisataan.
 
Dari sisi destinasi, Kemenparekraf mencatat sebanyak 5.280 desa wisata telah tergabung dalam jaringan desa wisata (Jadesta) sehingga dapat menjadi pilihan masyarakat dalam berwisata selama libur lebaran.
 
Adapun dalam Jadesta, terdapat profil desa wisata termasuk lokasi, aktivitas, atraksi sebagai pertimbangan dalam menentukan destinasi berwisata baik saat Idul Fitri maupun sesudahnya.

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024