Nanti ini makan makanan favorit saya, pempek, empal gentong
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut makanan yang dinanti saat merayakan Idul Fitri adalah empal gentong dan pempek.

Basuki mengatakan, tidak membuat ketupat sendiri saat Lebaran. Namun, Ia lebih menggemari makanan asal Cirebon dan Palembang tersebut dibandingkan dengan ketupat opor ayam.

"Nanti ini makan makanan favorit saya, pempek, empal gentong," ujar Basuki di Jakarta, Rabu.

Basuki juga menyampaikan, tidak menyiapkan busana seragam Lebaran bersama keluarga. Sebab, Ia hanya berdua saja bersama sang istri, Kartina Nurani di Jakarta, sedangkan ketiga anaknya berkumpul dengan keluarga masing-masing.

"Ini anak saya kebetulan lagi di tempat mertua masing-masing, gilirannya gitu. Jadi kita cuma berdua, dua ada yang di Jogja (Yogyakarta) dan satu di Serpong," katanya.

Basuki bersama istri melakukan ibadah salat Ied di Masjid As Salam Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu. Ia tiba pada pukul 06.30 WIB dengan mengenakan baju koko putih.

Usai ibadah, Basuki mengatakan akan berziarah ke makam sejumlah mantan Menteri PUPR, dan selanjutnya menuju Istana Merdeka, Jakarta, untuk mengikuti kegiatan open house bersama Presiden Joko Widodo dan jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Di Hari Raya Idul Fitri, Basuki berharap dapat terus melayani masyarakat, sebab sudah menjadi kewajibannya untuk melayani masyarakat Indonesia, khususnya terkait dengan peristiwa longsornya ruas Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi).

"Mudah-mudahan masyarakat kita bisa mudik dengan baik. Karena mudik itu adalah the real happiness, apapun kalau mudik itu adalah the real happiness dan saya harus melayani itu dengan baik," ucapnya.

Lebih lanjut, Basuki berharap Lebaran tahun ini bisa menjadi manusia yang lebih baik. Ia juga bersyukur dapat sepenuhnya menjalankan ibadah puasa sambil menjalankan tugasnya sebagai Menteri.

"Mudah-mudahan lebih baik ya, menjadi manusia yang lebih baik karena tiap minggu jalan sama Presiden (Joko Widodo), nah itu puasa beneran di lapangan. Tapi alhamdullilah bisa dilewati dengan baik, ibadah Ramadhan bisa dilaksanakan semua lengkap, mudah-mudahan bisa lebih baik," ucap Basuki.

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024