Kami berkoordinasi dengan pihak ASDP dan juga Kepolisian meninjau Pelabuhan Bakauheni untuk memantau fasilitas serta kelancaran arus balik, dan bagaimana pelayanan dari petugas di lapangan
Lampung Selatan (ANTARA) - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meninjau Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, guna memantau kondisi terkini dan memastikan kelancaran arus balik mudik Lebaran 2024.

Berdasarkan pantauan di lokasi, Gubernur Lampung bersama Kapolda Lampung Irjen Helmy Santika berkeliling dan menyapa para pemudik yang ada area Pelabuhan Bakauheni.

"Kami berkoordinasi dengan pihak ASDP dan juga Kepolisian meninjau Pelabuhan Bakauheni untuk memantau fasilitas serta kelancaran arus balik, dan bagaimana pelayanan dari petugas di lapangan," kata Arinal Djunaidi saat diwawancarai di Bakauheni, Sabtu.

Ia mengatakan pentingnya fasilitas dan keamanan yang mendukung untuk membuat kelancaran arus balik para pemudik di Pelabuhan Bakauheni.

Baca juga: ASDP: 37.500 orang menyeberang dari Jawa ke Sumatera pada H+2 Lebaran

"Ini kita semua harus menyiapkan infrastruktur, terutama persiapan kapal dan bagaimana pelayanannya, keberangkatan kapalnya terselenggara dengan baik," kata dia.

Ia meminta kepada pihak ASDP dan keamanan untuk bersama-sama memberikan pelayanan dan fasilitas ekstra kepada penumpang. Dengan kesiapan ASDP dan keamanan dalam menghadapi arus balik Lebaran 2024 tidak ada masalah di Pelabuhan Bakauheni.

"Saya yakin mudah-mudahan untuk arus balik di Pelabuhan Bakauheni tidak ada masalah dan semuanya lancar dengan kerjasama seluruh pihak terkait," ujarnya.

General Manajer PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Rudi Sunarko di Bakauheni, Sabtu, juga memastikan kesiapan armada kapal untuk melayani mobilisasi penumpang pada periode angkutan Lebaran Idul Fitri tahun 2024.

Baca juga: Jumlah kendaraan di Pelabuhan Bakauheni nyeberang melonjak pada H+2

PT ASDP juga menyiapkan berbagai fasilitas pelabuhan dan kapal guna memastikan kenyamanan penumpang pada mudik Lebaran tahun 2024.

Rudi Sunarko mengimbau kepada para pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket Ferizy dari jauh hari. "Kami mengimbau untuk calon pemudik dari Sumatera ke Jawa yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari," katanya. 

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah memberlakukan ketentuan baru pembelian tiket online kapal feri mulai 11 Desember 2023.

Baca juga: ASDP perkirakan puncak arus balik di Bakauheni pada 13-14 April

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024