Semarang (ANTARA) - Pemerintah Kota Semarang mengingatkan jajaran aparatur sipil negara (ASN) untuk kembali masuk kerja sesuai dengan jadwal yang ditentukan usai libur Lebaran 2024, yakni mulai Selasa (16/4).

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, di Semarang, Minggu, mengatakan bahwa libur Lebaran 2024 berakhir pada Senin (15/4).

Setelah itu, kata Ita sapaan akrab Hevearita, para ASN harus masuk dan bekerja seperti biasa.

Baca juga: Menko PMK: WFH dua hari hanya untuk ASN

Ia juga memastikan 100 persen atau seluruh ASN di lingkungannya akan masuk pada hari pertama usai libur Lebaran, karena akan ada apel pagi.

"ASN WFH (Work from Home) tidak ada di Kota Semarang. ASN kebanyakan orang sini (Semarang). Beda dengan kementerian yang ada di seluruh daerah," katanya di sela kegiatan Program Balik Kerja Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH) RI di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT).

Ita berharap para ASN tetap bersemangat melayani masyarakat kembali usai menikmati libur panjang Lebaran bersama keluarga.

Baca juga: Menhub sebut Menteri PANRB setuju ASN WFH dua hari pasca cuti Lebaran

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan penerapan kerja dari rumah (WFH) usai Lebaran pada 16 dan 17 April 2024 hanya berlaku untuk aparatur sipil negara (ASN).

"WFH pada Selasa (16/4) dan Rabu (17/4), sedangkan Kamis (18/4) dan Jumat (19/4) masuk, tidak boleh bolos," katanya saat membuka sistem satu arah dari gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (13/4).

Oleh karena itu, ia meminta ASN yang mudik untuk menyesuaikan waktu kembali ke tempat kerjanya.

Baca juga: Pengamat: Kebijakan WFH dan WFO ASN dapat kurangi tumpukan arus balik

Muhadjir mengingatkan ASN tidak perlu ikut dalam arus balik seperti pemudik yang berasal dari non-ASN.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024