jumlah penumpang sebanyak 4.773 orang itu menjadi puncak kedatangan dan keberangkatan di arus balik
Bandarlampung (ANTARA) - Pengelola Bandara Radin Inten II Lampung melaporkan bahwa jumlah penumpang transportasi udara di bandara itu mencapai 4.773 orang pada 14 April 2024 atau H+3 Lebaran 2024.
 
"Berdasarkan data Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2024 Bandara Radin Inten II Lampung sampai Senin ini pada hari keempat setelah Idul Fitri, untuk jumlah penumpang pada 14 April kemarin atau H+3 Idul Fitri ada sebanyak 4.773 orang," ujar Executive General Manager Bandara Radin Inten II Untung Basuki di Bandarlampung, Senin.
 
Ia mengatakan jumlah penumpang sebanyak 4.773 orang itu menjadi puncak kedatangan dan keberangkatan di arus balik.
 
"Jumlah penumpang di 14 April tersebut menunjukkan puncak dari keberangkatan dan kedatangan di masa arus balik Idul Fitri 1445 H. Ini menunjukkan animo masyarakat untuk menggunakan transportasi udara masih cukup tinggi. Dan pesawat masih menjadi pilihan penumpang dalam angkutan Lebaran 2024," katanya.
 
Dia melanjutkan selama periode angkutan Lebaran 2024 pergerakan penumpang untuk moda transportasi udara di Bandara Radin Inten II Lampung telah mencapai 44.534 orang penumpang.

Baca juga: Bandara Radin Inten terima 4.500 penumpang hari pertama puncak mudik

Baca juga: Citilink kembali melayani rute penerbangan Lampung-Jakarta
 
"Sejak arus mudik di H-7 sampai arus balik di H+3 kemarin di masa angkutan Lebaran telah ada 44.534 orang penumpang. Atau ada kenaikan sebesar 46 persen dibandingkan periode angkutan Lebaran 2023 di periode yang sama dengan jumlah 30.420 orang," ucap dia.
 
Selain itu tercatat secara total untuk pergerakan lalu lintas penerbangan selama periode angkutan Lebaran 2024 ada sebanyak 325 kali penerbangan.
 
"Di periode angkutan Lebaran 2024 ini ada 325 penerbangan, ada kenaikan pergerakan pesawat sebesar 50 persen. Karena pada periode serupa di tahun sebelumnya pergerakan pesawat hanya mencapai 217 kali penerbangan," tambahnya.
 
Menurut dia, dengan masih terus berlangsungnya arus balik dan masih adanya pemilir yang menggunakan layanan penerbangan di Bandara Radin Inten II Lampung, pihaknya akan terus menjaga kenyamanan serta pelayanan yang prima.
 
"Pelayanan yang baik untuk kenyamanan penumpang akan terus dilaksanakan agar pada angkutan Lebaran 2024 ini masyarakat merasakan mudik ceria dan penuh makna," ujar dia.

Baca juga: Bandara Radin Inten: Ramp check pesawat telah dilakukan

Baca juga: Penerbangan perintis Bandara Radin Inten-Krui-Bengkulu resmi dibuka

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024