Jadi kalau tol fungsional Insya Allah membantu,
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan bahwa tol fungsional dan diskon tarif tol membantu pemudik pada Lebaran 2024.

"Jadi kalau tol fungsional Insya Allah membantu," ujar Basuki di Jakarta, Selasa.

Ia mencontohkan bagaimana fungsional Tol Solo-Yogyakarta membantu perjalanan para pemudik dengan lancar. "Kalau yang jelas yang saya lihat kemarin Tol Solo-Yogyakarta itu sudah ribuan mobil lewat situ," katanya.

Baca juga: Menteri PUPR targetkan Tol Bocimi dibuka fungsional H+1 Lebaran

Selain itu, menurut dia, pemberlakuan diskon tarif tol pada Lebaran 2024 juga membantu dalam rangka mengurai kepadatan lalu lintas.

Pemberlakuan diskon tarif tol membantu dalam menyebar pemudik agar tidak melakukan perjalanan dalam waktu bersamaan.

Dalam rangka memecah waktu perjalanan pemudik, pemerintah juga memberlakukan kebijakan work from home (WFH) bagi para ASN.

"Jadi untuk menyebar pemudik, mudah-mudahan ada dampaknya. nanti evaluasi menyeluruh pasti oleh Korlantas Polri dan Kementerian Perhubungan," kata Basuki.

Baca juga: Jasa Marga kembali diskon 20 persen Tol Trans Jawa Semarang-Jakarta

Kementerian PUPR bersama seluruh pemangku kepentingan terus berupaya mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Salah satu upaya yang dilaksanakan adalah dengan melakukan fungsional beberapa ruas jalan tol yang dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terkait.

Jalan tol fungsional merupakan jalan bebas hambatan yang berpotensi digunakan secara darurat, tetapi dapat dilalui para pengendara untuk sampai wilayah tertentu dengan waktu tempuh yang lumayan memangkas waktu perjalanan.

Selama melintasi jalan tol fungsional pada mudik lebaran, pemudik tidak dikenai tarif (gratis) saat memasuki dan keluar dari jalan tol tersebut, namun pengendara dapat melakukan tapping pembayaran di gerbang tol dengan kartu uang elektronik (jika disiapkan gerbang tol).

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024