Kami menilai 10 unit bus ini cukup, karena masyarakat lebih banyak menggunakan kendaraan pribadi selama mudik lebaran
Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung siagakan 10 unit bus angkutan mudik Lebaran, guna mengantisipasi lonjakan penumpang menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah di daerah itu.

"Kami menilai 10 unit bus ini cukup, karena masyarakat lebih banyak menggunakan kendaraan pribadi selama mudik lebaran," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Babel K.A Tajuddin di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan bus angkutan mudik lebaran yang disiagakan akan difokuskan untuk mengangkut masyarakat di terminal menuju pelabuhan kapal, karena diperkirakan arus mudik angkutan laut tahun ini akan mengalami peningkatan signifikan.

"Kami rasa sudah cukup, namun apabila kurang maka bus angkutan lebaran ini akan ditambah lagi sehingga arus mudik tahun ini berjalan dengan aman, lancar dan tertib," katanya.

Menurut dia masyarakat Babel dalam berlebaran kebanyakan menggunakan kendaraan pribadi, sehingga bus ini lebih difokuskan untuk mengangkut masyarakat yang akan mudik ke kampung halamannya di Pulau Jawa, Sumatera dan daerah lainnya.

"Kita bisa menambah bus dengan segera, apabila terjadi lonjakan penumpang yang signifikan," katanya.

Ia berharap perusahaan angkutan darat untuk lebih memaksimalkan pelayanan dan mengutamakan keselamatan calon penumpang selama arus mudik tahun ini.

"Jumlah angkutan darat milik PT Damri dan swasta sudah cukup banyak untuk melayani masyarakat, namun demikian pemerintah tetap melakukan upaya antisipasi lonjakan pemudik tahun ini," katanya. 

Baca juga: Depok akan periksa kesehatan sopir bus mudik
Baca juga: Pemkab Sidoarjo siapkan 35 bus mudik gratis

Pewarta: Aprionis
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019