Lebaran 2019 diproyeksikan sekitar 52 ribu kendaraan per hari yang lewat tol dari Bandar Kedungmulyo, Jombang sampai Mojokerto
Jombang (ANTARA) - Pengguna Jalan Tol Jombang-Mojokerto, Jawa Timur, pada Lebaran 2019 diprediksi hingga 52 ribu kendaraan per hari, sehingga pengelola tol tersebut sudah menyiapkan beberapa fasilitas bagi pengguna jalan.

"Data traffic mengacu pada Natal dan Tahun Baru 2018 yang tertinggi hingga sekitar 45 ribu kendaraan per hari. Sekarang Lebaran 2019 diproyeksikan sekitar 52 ribu kendaraan per hari yang lewat tol dari Bandar Kedungmulyo, Jombang sampai Mojokerto," kata Kepala Departemen Service Development Astra Tol Jombang-Mojokerto Deni Hardani saat dikonfirmasi lewat telepon di Jombang, Jawa Timur, Kamis.

Jalur itu dikelola oleh PT Marga Harjaya Infrastruktur.

Deni mengatakan pihaknya memang memperkirakan jumlah kendaraan yang melintas cukup banyak. Hal itu juga berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan sebelumnya, yang selalu ada kenaikan pengguna jalan tol.

Untuk menghadapi arus mudik maupun arus balik Lebaran 2019, menurut dia, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah fasilitas bagi pengguna jalan. Di rest area nantinya fasilitas dimaksimalkan, misalnya lahan parkir, bengkel gratis termasuk fasilitas kesehatan.

Ia juga menambahkan, demi membuat pengguna jalan merasa nyaman, nantinya juga akan ada beberapa fasilitas misalnya pijat gratis untuk pengguna jalan, talk show seputar keselamatan yang lokasinya di sekitar rest area.

Selain itu, di titik gerbang juga akan ditambah fasilitas dengan menambah kapasitas gerbang.

Dari evaluasi sebelumnya, traffic serta proyeksi kendaraan yang lewat akan ada penambahan transaksi di pintu gerbang. Misalnya, jika normal dibuka satu gardu, dalam Lebaran bisa hingga tiga gardu.

Ia menambahkan, seluruh fasilitas itu siap mulai dari H-7 sampai dengan H+7 Lebaran 2019. Keputusan tersebut juga mengikuti kebijakan kepolisian dalam pengamanan arus mudik dan balik.

Diharapkan dengan berbagai program layanan yang diberikan tersebut pengguna jalan merasa lebih nyaman saat berkendara. Jika lelah, pengguna diimbau untuk istirahat di rest area yang ada.

Baca juga: Tol Jombang-Mojokerto siap digunakan untuk mudik Lebaran

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019