Gratis. Supaya mudik semakin lancar, tidak membebani masyarakat, ini pas mau Lebaran saja.
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa keputusan untuk menggratiskan tarif jalan Tol Pandaan-Malang seksi 1-3 hingga Idul Fitri 1440 Hijriah bertujuan untuk mengurangi beban masyarakat, khususnya yang akan melakukan mudik Lebaran pada Juni 2019.

"Gratis. Supaya mudik semakin lancar, tidak membebani masyarakat, ini pas mau Lebaran saja," kata Jokowi usai meresmikan Tol Pandaan-Malang di Gerbang Tol Singosari, Kabupaten Malang, Senin.

Presiden Jokowi meresmikan Tol Pandaan-Malang seksi 1-3 sepanjang 31 kilometer. Sedangkan untuk seksi 4 dan 5, masih dalam tahap penyelesaian sepanjang 7,48 kilometer. Secara keseluruhan, Tol Pandaan-Malang memiliki panjang 38,5 kilometer.

Pada saat menyampaikan sambutannya, Presiden Jokowi menyatakan bahwa Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 1-3 yakni Pandaan-Singosari digratiskan hingga Lebaran 2019.

"Tadi saya bisik-bisik dengan Ibu Menteri BUMN, jangan bayar dulu sampai lebaran, sebagai percobaan," kata Presiden.

Kepala Negara menyatakan bahwa permintaannya telah disetujui oleh Menteri BUMN Rini Sumarno, penggratisan Tol Pandaan-Malang yang baru diresmikan ini, yakni Seksi I-III yang memiliki panjang 30,7 km ini bisa dilakukan.

"Sudah dijawab bisa. Masa yang minta Presiden tidak diberi," kata Jokowi yang disambut tepuk tangan para hadirin.​​​​​​​

Rampungnya pembangunan ruas tol seksi 1-3 tersebut, juga akan mempermudah serta mempercepat mobilitas barang, jasa, dan lainnya. Dengan kondisi yang semakin efisien tersebut, diharapkan biaya juga akan semakin murah.

Ruas jalan tol Pandaan-Malang terbagi dari lima seksi, pada seksi satu menghubungkan Pandaan dengan Purwodadi di Kabupaten Pasuruan. Kemudian pada seksi dua, Purwodadi menuju Lawang, Kabupaten Malang, dan seksi tiga Lawang menuju Singosari Kabupaten Malang.

Sementara itu untuk seksi empat dari Singosari menuju Pakis Kabupaten Malang, dan seksi lima, Pakis menuju Kota Malang. Direncanakan, setelah lima seksi tersebut rampung, jalan tol tersebut akan diperpanjang hingga wilayah Malang selatan, atau menuju arah Kepanjen, Kabupaten Malang.
Baca juga: Presiden sebutkan Tol Pandaan-Malang dorong pariwisata Malang Raya
Baca juga: Presiden Jokowi gratiskan Tol Pandaan-Malang hingga Lebaran 2019


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019